https://nuansaislam.com/TIPS AGAR JAMAAH MAKIN BANYAK
TIPS AGAR JAMAAH SEMAKIN BANYAK
Oleh: Ahmad Yani, Penulis 8 Buku Manajemen Masjid, Rp 265.000. Hub WA/BiP 0812-9021-953 & 0812-9930-6180
 
Dalam acara bimbingan teknis MUI Papua Barat, Rabu, 20 Januari 2021 kemarin, saya menjadi narasumber dengan tema Fungsi Masjid. Seorang peserta dari Kab. Teluk Bintuni bertanya: apa tips agar yang ikut shalat berjamaah di masjid semakin banyak?. 
 
Jawab saya:
 
Lakukan gerakan shalat berjamaah, pengurus masjid seharusnya menjadi penggerak. Kalau gelas dimasukkan kopi, gula, susu dan air panas, tidak otomatis jadi segelas kopi susu yang enak, kenapa?. Karena belum diaduk atau belum digerakkan, inilah fungsi pengurus masjid, menggerakkan. Masalahnya, sekarang justeru banyak pengurus masjid yang harus digerakkan.
 
Tipsnya ada lima:
 
1. Sosialisasikan terus materi tentang keharusan dan keutamaan shalat berjamaah di masjid, baik melalui pengajian, khutbah, ceramah umum dan membagikan buku tentang itu. Saya menulis buku saku TATA CARA SHALAT BERJAMAAH yang bisa dibagikan (Rp 20.000).
 
2. Siapkan imam yang baik, fasih bacaannya, bagus iramanya, banyak hafalan Al Quran sehingga bacaannya variasi, tidak terlalu panjang tapi juga tidak terlalu pendek, meski pendek itu boleh saja. Bacaan imam yang baik menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah.
 
3. Siapkan ruangan Masjid yang suci, bersih, indah dan nyaman. Di dalam masjid jangan orang sampai kepanasan (gerah) hingga mengucurkan keringat, tapi juga jangan kedinginan bila menggunakan AC.
 
4. Melayani dan menyambut kedatangan jamaah, mulai dari anak kecil sampai lansia. Pandu mereka, jangan suka mengusir anak-anak dari masjid, apalagi keluar kata-kata yang jelek.
 
5. Pengurus harus mengajak  orang yang belum berjamaah ke masjid, bukan hanya melalui speaker dan media sosial, tapi juga mendatanginya langsung, samper mereka. 
 
Ini adalah upaya, kalau orang belum mau itu soal lain, suatu saat insya Allah mereka mau.

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

Sign In/Sign out