https://nuansaislam.com/Zakat Mal

Oleh Dr. Abd. Muid N., MA. (Kaprodi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta)

Sepertinya sudah sangat masyhur pembicaraan tentang zakat mal atau zakat harta. Kita semua sudah tahu bahwa di dalam harta ada bagian yang harus ditunaikan zakatnya sebanyak 2,5% jika tersimpan selama satu tahun dan sudah cukup nisabnya, yaitu seharga 85 gram emas pasaran 24 karat. Dan kita juga sudah tahu bahwa salah satu rukun Islam yang lima adalah menunaikan zakat dan yang dimaksud di situ adalah zakat harta.

Namun yang hendak saya sampaikan di sini kali ini adalah bahwa potensi harta bukanlah main-main. Di dalam Al-Quran sering disebutkan dalam berbagai redaksi berbeda tetapi intinya sama bahwa: Berjihadlah dengan harta dan jiwamu!

Ketika dibicarakan tentang jihad, maka yang selalu terbayang bagi kita adalah jihad yang mempertaruhkan jiwa. Sangat jarang jihad berkonotasi mengorbankan harta, padahal ketika Al-Quran menyebutkan keduanya, maka harta lah yang lebih dahulu disebutkan sebelum jiwa. Penyebutan harta terlebih dahulu daripada jiwa dalam hal jihad adalah tanda bahwa pengorbanan harta tidak kalah mulianya dari pengorbanan jiwa.

Pada masa Rasulullah SAW masih berperang melawan kaum kafir Makkah, maka salah satu penggerak penting dari peperangan itu adalah pengorbanan para orang kaya seperti Abdurrahman bin Auf, Utsman bin Affan, Abu Bakar Ashshiddiq, dan lainnya untuk menyediakan peralatan perang lewat harta mereka.

Terlebih lagi di masa sekarang di mana kita harus mulai melupakan pola perjuangan pengorbanan jiwa dan raga dan mulai masuk ke era pembangunan jiwa dan raga. Kejayaan umat ini adalah dengan cara mensejahterakan seluruh lapisan umat Islam agar mereka bisa belajar, berdagang, meneliti, mengajar, mendidik, dan berkarya dengan tenang karena orang-orang berkecukupan bersedia mengorbankan harta mereka bagi mereka yang berkekurangan.

Jika Islam adalah percontohan bagi kedermawanan dan kesejahteraan, maka Islam lah agama masa depan yang sesungguhnya.[]

(Tulisan ini adalah materi Taushiyah Ramadhan di V Radio bekerjasama dengan Dompet Dhuafa)

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

SigIn/SigOut