https://nuansaislam.com/Zakat Fitri

Oleh Dr. Abd. Muid N., MA. (Kaprodi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta)

Zakat fitri adalah zakat yang dikeluarkan berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri. Itulah makanya dinami zakat fitri. Mengapa hanya ada pada Hari Raya Idul Fitri dan tidak ada pada Hari Raya Idul Adha? Ya, zakat itu memang hanya sekali setahun. Lagi pula pada Hari Raya Idul Adha ada ibadah yang mirip dengan zakat, yaitu Qurban.

Yang unik dari zakat fitri adalah kewajiban yang mengenai semua orang dan karena itu kadang pula dinamai zakaatul abdaan dan shadaqatur ru’uus. Zakaatul abdaan artinya adalah zakat per badan atau per orang. Sedangkan shadaqatur ru’uus berarti sedekah per kepala atau per orang. Makanya, seorang bayi yang lahir sebelum terbenamnya matahari di hari terakhir bulan Ramadhan pun wajib menunaikan zakat fitri.

Sesungguhnya penekanan zakat fitri ada pada kegembiraan Hari Raya Idul Fitri. Karena hari itu adalah hari kegembiraan, maka agama kita perlu memastikan bahwa pada hari itu tidak ada seorang pun yang tidak bergembira. Karena itu, paling tidak jangan sampai ada seorang pun yang tidak memiliki makanan pokok untuk dimasak.

Untuk memastikan itu, agama kita mewajibkan hingga bayi pun untuk mengeluarkan zakat fitri. Dan demi untuk memastikan itu pula, maka agama mewajibkan zakat fitrah sudah terbagi habis sebelum shalat sunnah Idul Fitri didirikan. Pembagian zakat fitrah setelah shalat Idul Firti hukumnya haram karena menyalahi asas kegembiraan itu tadi.

Dan untuk asas kegembiraan ini, tidak adalah salahnya jika kita memastikan orang yang membantu kita membersihkan rumah, menyapu halaman, mengangkut sampah, membagikan koran pagi, penjual sayuran, atau pedagang kecil di sekitar kita dan sekitara kompleks perumahan kita juga dipastikan kegembiraannya di Hari Raya Idul Fitri. Apakah mereka cukup makan? Apakah mereka cukup pakaian? Dan apakah mereka cukup kue-kue lebaran? Tidak ada salahnya jika kita membantu mereka.[]

(Tulisan ini adalah materi Taushiyah Ramadhan di V Radio bekerjasama dengan Dompet Dhuafa)

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

SigIn/SigOut