https://nuansaislam.com/Makna dan Hikmah Idul Fitri

Oleh Dr. Abd. Muid N., MA. (Kaprodi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta)

Ada yang mengatakan bahwa arti ‘iid dalam kata Idul Fitri adalah kembali. Namun ada juga yang tidak sepakat dengan pemaknaan itu karena mengatakan bahwa arti ‘iid dalam bahasa Arab semata-mata berarti Hari Raya, bukan kembali.

Namun sulit ditolak bahwa semua Hari Raya di dalam agama apapun adalah peristiwa yang selalu kembali, paling tidak setahun sekali. Dan pada Islam, Hari Raya Idul Fitri adalah konsekuensi dari bulan Ramadhan. Sedangkan bulan Ramadhan adalah bulan penyucian dosa yang di dalam Hadits Nabi disebutkan seakan-akan kembali menjadi bayi yang baru saja dilahirkan saking bersihnya. Jika demikian, maka tidak ada salahnya jika kata ‘iid dalam kata Idul Fitri itu diartikan kembali.

Jika dikaitkan dengan makna dan hikmah Idul Fitri, maka ada dua makna yang penting dipahami: pertama penting dipahami bahwa sebagai manusia yang penuh salah dan khilaf, Allah SWT selalu memberi peluang kepada hamba-Nya untuk kembali ke jalan yang benar tidak peduli seberat apapun kesalahan itu.

Dan berbeda dengan manusia yang meskipun memaafkan kesalahan tetapi tidak melupakan hingga bekas kesalahan itu masih ada, maka Allah SWT tidak demikian. Bahkan Allah SWT menjanjikan kebersihan dari dosa sebersih-bersihnya seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.

Kedua, jika Allah SWT saja bersedia memaafkan sebesar apapun dosa, maka mengapa kita tidak melakukan hal yang sama? Memang kita bisa berkata bahwa Allah SWT memaafkan karena Dia tidak mempunyai kepentingan dan tidak butuh apapun kepada makhluk. Sedangkan kita, bukan karena tidak butuh kepada makhluk, tetapi justru karena kita butuh kepada makhluk, maka kita harus bersedia memaafkan.

Kebutuhan kepada makhluk seperti apa yang membuat kita harus bersedia memaafkan? Yaitu kebutuhan untuk juga dimaafkan karena tidak satupun dari kita yang luput dari kesalahan dan kekhilafan.[]

(Tulisan ini adalah materi Taushiyah Ramadhan di V Radio bekerjasama dengan Dompet Dhuafa)

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

SigIn/SigOut