https://nuansaislam.com/Lebih Baik Tidak Mudik

Dr. Abd. Muid N., MA.

(Kaprodi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta)

Namun lebaran tahun ini sepertinya harus ada yang berbeda. Kita semua tahu betapa bahayanya virus Covid-19 dan yang paling penting dari bahayanya itu adalah gampangnya virus ini menular dari satu manusia ke manusia lain akibat kerumunan banyak orang di sebuah tempat dalam waktu yang lama.

Risiko penyebaran virus lewat mudik sangat tinggi karena dua hal. Pertama, dalam perjalanan mudik pasti melibatkan kerumunan orang yang tidak sedikit dan dalam waktu yang tidak sebentar.

Kedua, ketika pemudik sampai di kampung halaman sudah pasti mementingkan pertemuan dengan keluarga. Coba kita bayangkan keluarga dari berbagai wilayah berkumpul di sebuah tempat dan berapa besar kemungkinan virus itu menyebar.

Barangkali saatnya kini kita kembali kepada inti mudik. Mudik adalah bukti cinta dan silaturahmi dengan keluarga. Dengan mewabahnya Covid-19, bukti cinta lewat pertemuan fisik dengan keluarga besar justru bisa membahayakan keselamatan dan kesehatan mereka.

Meski tidak mudik tahun ini, kita masih mempunyai minimal dua keuntungan. Pertama, teknologi komunikasi yang semakin baik membuat kita bisa tetap menjaga silaturahmi dengan keluarga tanpa harus bertemu mereka secara fisik. Kini sudah ada panggilan video untuk menuntaskan rasa rindu dan silaturahmi yang bahkan bisa dilakukan oleh lebih dari dua orang lewat aplikasi-aplikasi tertentu. Kedua, dengan tidak mudik tahun ini, maka kita bisa berharap lebaran tahun depan kita bisa kembali mudik.

Sebaliknya, jika kita memaksakan mudik tahun ini, jangan-jangan lebaran tahun depan, meski pandemi Covid-19 sudah lewat, kita tetap tidak bisa lagi mudik. Bisa karena kita yang terpapar Covid-19 dan menulari orang lain. Atau orang lain yang terpapar Covid-19 dan menulari kita.

Semoga upaya kita untuk tidak mudik lebaran kali ini berbuah mudik yang lebih indah di lebaran tahun depan. Aamiin.[]

(Tulisan ini adalah materi Taushiyah Ramadhan di V Radio bekerjasama dengan Dompet Dhuafa)

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

SigIn/SigOut