https://nuansaislam.com/Berharap pada Kemuliaan Lailatul Qadr

Oleh Dr. Abd. Muid N., MA. (Kaprodi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta)

Satu hal yang menjadi daya tarik dari malam Lailatul Qadar sehingga umat Islam berlomba-lomba memperbanyak ibadah untuk menggapainya adalah adanya kayakinan tentang kemuliaan satu malam yang kadarnya melebihi seribu bulan.

Seperti apakah malam seribu bulan itu? Agar lebih mudah dipahami, maka saya umpamakan ada dua ekor kuda yang sama, tapi yang seekor mempunyai kekuatan berlari sebesar satu ekor kuda dan yang seekor lagi mempunyai kekuatan berlari sebesar seribu ekor kuda. Lalu apa yang membedakan kedua ekor kuda tadi? Perbedaannya adalah pada energinya.

Begitulah orang yang menggapai kemuliaan malam Lailatul Qadr. Energi iman yang dikumpulkan pada malam itu bisa membuat orang yang menggapainya menjadi sangat kuat hingga tahan beribadah ritual dan sosial dengan ikhlas selama seribu bulan pun.

Karena itu, malam itu ibarat malam pengumpulan energi, seperti handphone yang dicas. Sebanyak apapun energi yang mampu diisinya, maka sebesar itu pula daya lentingnya nanti di di luar bulan Ramadhan.

Adalah karunia yang sangat besar jika kita mampu meraup energi yang mampu membuat kita kuat bertahan beribadah selama seribu bulan. Bahkan jika energi yang kita kumpulkan pada malam Lailatul Qadar itu cukup untuk membuat kita kuat bertahan beribadah ritual dan sosial hingga Ramadhan tahun depan datang, maka itupun sudah merupakan karunia yang sangat besar.

Ringkasnya, cukup mudah untuk membuktikan apakah kita berhasil menggapai kemuliaan Lailatul Qadar atau tidak. Jika kita mempunyai energi kuat untuk beribadah ritual dan sosial dengan baik di luar bulan Ramadhan, berarti kita berhasil menggapai kemuliaan Lailatul Qadar, barangkali bukan seribu bulan atau seratus bulan, bahkan kekuatan untuk beribadah ritual dan sosial hingga 12 bulan ke depan, hingga Ramadhan datang lagi juga itu sudah sangat luar biasa.[]

(Tulisan ini adalah materi Taushiyah Ramadhan di V Radio bekerjasama dengan Dompet Dhuafa)

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

SigIn/SigOut