https://nuansaislam.com/Jamaah Yang Sedikit

JAMAAH YANG SEDIKIT

Oleh: Drs. H. Ahmad Yani

Ketua Departemen Dakwah PP DMI

 Selama ini, dari sekian banyak jamaah yang tinggal di sekitar masjid hanya sedikit yang mengikuti aktivitas di masjid, baik kegiatan rutin seperti pengajian maupun yang insidental seperti peringatan hari-hari besar Islam, mengapa hal ini bisa terjadi?

 

Jawaban :

 

            Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa jamaah kita tidak mau mengikuti kegiatan di masjid. Saya akan menyebutkan faktor-faktor tersebut lalu anda menilai sendiri apa yang menjadi sebab yang dialami di masjid anda. Pertama, kurangnya keteladanan dari sebagian pengurus masjid, ini berarti sebagian pengurus masjid sendiri tidak ikut serta secara aktif dalam kegiatan masjid. Kalau pengurus masjid yang jumlahnya sekitar 20 orang itu ikut dalam kegiatan masjid, tentu pengajian sudah bisa berjalan dengan baik, apalagi kalau pengurus itu mengajak isterinya maka sudah 40 orang, kalau kemudia pengurus itu masing-masing membawa satu anaknya yang dewasa maka sudah 60 orang. Dengan demikian pengajian rutin akan selalu dihadiri banyak orang ditambah dengan jamaah yang berasal dari luar.

 

            Kedua, belum adanya arahan program yang jelas sehingga kegiatan yang diselenggarakan terkesan asal ada. Pengajian misalnya tidak jelas apa saja materi pembahasan yang akan dilakukan. Apakah materi tersebut sesuai dengan kebutuhan jamaah atau tidak, akibatnya jamaah enggan untuk hadir karena materinya tidak menarik, karena itu kegiatan seperti pengajian rutin semestinya dikembangkan secara klasikal sehingga materinya disesuaikan dengan kebutuhan jamaah, sedangkan kegiatan ceramah umum sifatnya insidental. Yang sekarang banyak terjadi justeru pengajian kita di masjid selalu dalam bentuk pengajian umum.

 

            Ketiga, kegiatan masjid selama ini berlangsung tanpa meminta komentar atau pendapat dari jamaah, sehingga kegiatan itu atas keinginan sepihak dari pengurus, atau bahkan sebagian dari pengurus. Idealnya kegiatan masjid merupakan kegiatan yang dikehendaki secara bersama-sama melalui musyawarah sehingga kegiatan itu merupakan sesuatu yang memang dibutuhkan dan disenangi pengurus dan jamaah masjid.

 

            Dengan demikian, manajemen kegiatan memang harus dikelola dengan sebaik-baiknya, termasuk memperhatikan aspirasi jamaah.

 

DAPATKAN PAKET BUKU MANAJEMEN MASJID KARYA DRS. H.AHMAD YANI, Rp 215.000+ongkir. Pesan ke HP/WA 0812-9021-953.

  1. Panduan Memakmurkan Masjid, Rp 45.000
  2. Saran Untuk Pengurus dan Jamaah Masjid, Rp 30.000
  3. Melayani Jamaah Masjid, Rp 30.000
  4. Mencintai Masjid, Rp 20.000
  5. 80 Masalah Masjid, Rp 30.000
  6. Adab Terhadap Masjid, Rp 10.000
  7. 135 Cahaya Dari Masjid, Rp 50.000.

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

SigIn/SigOut