https://nuansaislam.com/Mabrur Sampai Mati

Mabrur Sampai Mati

Oleh: Ahmad Yani

Judul              : Mabrur Sampai Mati

Penulis          : Drs. H. Ahmad Yani

Tebal              : 149 Halaman

Ukuran           : 10,5 X 14,5 cm

Harga             : Rp 30.000+ongkir

Penerbit         : Khairu Ummah (HP/WA 0812-9021-953)

 

Meskipun tahun 2020 Pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji karena Covid 19, memahami pelaksanaan ibadah haji dan hikmahnya terus harus dipelajari. Ini tidak hanya untuk yang belum beribadah haji, tapi juga untuk yang sudah meski sudah berpuluh tahun lamanya, hal ini karena setiap jamaah haji ingin hajinya menjadi mabrur.

Pada bagian ketujuh dari buku ini, penulis menjelaskan, secara harfiyah, mabrur artinya baik. Haji yang mabrur berarti haji yang membuat orang yang menunaikannya menjadi baik bila sebelumnya ia orang yang tidak baik dan bila ia sudah baik akan bertambah kebaikannya yang tidak hanya dirasakan oleh diri dan keluarganya tapi juga oleh masyarakat banyak. Ini berarti, Seorang haji disebut mabrur hajinya bila kehidupannya sesudah menunaikan ibadah itu semakin disesuaikan dengan segala ketentuan Allah swt sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasul-Nya.

Namun kebaikan yang harus ditunjukkan tidak hanya pada sepekan atau dua pekan sesudah pulang haji, bukan pula sebulan atau dua bulan atau setahun dua tahun. Tapi kebaikan itu harus dibuktikan hingga akhir hayatnya. Karenanya, ibadah yang menggabungkan seluruh rangkaian makna ibadah di dalam Islam diwajibkan hanya sekali seumur hidup sehingga pengaruh positifnya seharusnya terbawa sampai mati, bila itu yang terjadi, maka pantaslah kalau seorang haji itu akan memperoleh imbalan berupa surga sebagaimana hadits Rasulullah saw: Haji yang mabrur tidak ada balasannya selain syurga (HR.Bukhari dan Muslim).

            Dengan demikian, buku ini penting untuk dibaca oleh setiap muslim, baik yang belum beribadah haji, apalagi yang sudah. Hal ini agar penghayatan seorang haji selalu dapat disegarkan dalam kehidupan sehari-hari dan diwujudkan secara nyata hingga mencapai kematian. Bagi Travel Haji dan Umrah, bagus buku ini dibagikan kepada para jamaah sebagai bacaan ringan yang membekali.

            Buku ini merupakan kumpulan sembilan artikel yang ada hubungannya dengan haji dan umrah. Untuk lebih jelas berikut ini sembilan judul tersebut:

  1.  Kedudukan dan Motivasi Haji
  2. Nuansa Ibadah Haji
  3. Lambang-Lambang Haji
  4. Ketentuan Dalan Ibadah Haji dan Umrah
  5. Asbabun Nuzul Ayat-Ayat Haji
  6. Mabrur Bukan di Makkah dan Madinah
  7. Haji Mabrur
  8. Bentuk dan Keutamaan Safar
  9. Adab-Adab Safar  

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

SigIn/SigOut