https://nuansaislam.com/Ceramah Mendadak

.....

CERAMAH MENDADAK

Oleh: Ahmad Yani

PERTANYAAN

Ustadz, kalau kita belum berpengalaman dalam ceramah atau khutbah, tapi ternyata ada peluang tapi mendadak, bagaimana menyikapi hal ini, saya harus maju atau justeru menghindar?

JAWABAN.

Banyak orang ingin mendapatkan kesempatan berceramah atau berkhutbah, karena mereka merasa sudah bisa tapi tidak ada yang mengundang ceramah dan khutbah. Maka, ketika ada kesempatan atau peluang, ini waktunya anda untuk tampil. Sikap kita terhadap peluang adalah:

  1. Dimanfaatkan, jangan sia-siakan, orang bilang kesempatan itu belum tentu datang dua kali. Maka mumpung ada, jangan lewatkan, ambil peluang itu. Berpikirlah yang cepat untuk menentukan apa yang harus disampaikan, pilihlah yang paling anda kuasai untuk disampaikan, catat segera, dan bersiaplah dengan tenang.
  2. Dicari, kalau tidak ada peluang carilah peluang itu, mintalah kepada pengurus masjid, mushala atau majelis taklim untuk anda memberikan ceramah pendek, misal sehabis shalat berjamaah, tanpa harus menggangu jadwal yang sudah ada.
  3. Diciptakan, anda yang membuat sendiri forumnya agar berkesempatan untuk ceramah, kumpulkan anggota keluarga seperti isteri dan anak, adakan pengajian keluarga, anda yang ceramah. Bisa juga bikin pengajian keluarga besar, anda memberikan ceramah. Bisa juga dengan mengumpulkan orang sekitar yang tidak lebih pintar dari anda, ceramahlah sambil ngobrol santai, tidak menggurui.  

Memang dalam soal ceramah atau khutbah, sewaktu-waktu peluang itu muncul, dari dulu sampai sekarang saya sering mengalaminya. Meskipun pemula bahkan belum pernah ceramah dan khutbah, kesempatan itu tidak boleh disia-siakan.

Maka, siapkan antisipasinya dari sekarang. Dua saja yang harus disiapkan.

  1. Selalu gunakan pakaian yang rapi dan enak dilihat orang. Bila ini dilakukan, kendala penampilan sudah teratasi.
  2. Kuasai dua atau tiga tema ceramah dan khutbah yang bisa disampaikan dalam berbagai kesempatan. Maka, meski baru diminta satu atau dua menit sebelumnya, kita sudah siap.

Kalau sudah siap, duduklah paling depan, canda saya: berdoalah agar khatib atau penceramah tidak datang, maksudnya sih biar anda dapat peluang.

Agar bisa ceramah dengan baik, selain harus ikut training, pelatihan dan kursus dakwah, bacalah buku yang sudah sudah saya tulis:

1. Bekal Menjadi Khatib dan Muballigh, Rp 50.000

2. Panduan Ceramah dan Khutbah, Rp 30.000

Untuk menguasai materi ceramah, saya sudah menulis banyak buku, misalnya:

  1. Khutbah Jumat Sistematis, Rp 120.000
  2. 53 Khutbah Berangka, Rp 125.000
  3. 3 Poin Dalam Khutbah Setahun, Rp 100.000
  4. 52 Materi Khutbah, Rp 85.000
  5. 3 Pesan Dalam 30 Ramadhan, Rp 50.000

Dan masih banyak lagi, silahkan hubungi saya di HP/WA 0812-9021-953

Comments

Leave A Comment

Harap Login Terlebih Dahulu Sebelum Comment

SigIn/SigOut