Workshop Dakwah Aceh Tamiang

0
16 views

www.nuansaislam.comDelay biasa yang penting terbang juga begitulah salah satu iklan disalah satu space iklan di bandara, itu pula yang kami awali dalam perjalanan kami dari Jakarta, seharusnya kami terbang hari jum’at 29/04/2011 pukul 16.10 karena delay 2 jam jadilah kami baru terbang pada pukul 18.00, perjalanan kami kali ini menuju sebuah kabupaten di Propinsi Nangro Aceh Darussalam yaitu kabupaten Aceh Tamiang,  dari jakarta kami berangkat melalui bandara Soekarno Hatta menuju Medan karena perjalanan kami pada sore hari, maka kami harus transit di PekanBaru jadilah perjalanan kami ini melalui tiga propinsi (Riau, sumatera Utara, Aceh).

Setelah 3jam penerbangan ditambah 3 jam perjalanan darat sampailah kami di Kabupaten Aceh Tamiang, salah satu kabupaten percontohan syariat Islam, tampak dari masyarakatnya dengan simbol-simbol keislaman seperti para wanita hampir semua yang kami lihat mereka menggunakan jilbab walaupun ada satu atau dua terlihat oleh kami tidak menggunakannya.

Sebagai salah satu kota percontohan penerapan syariat Islam, merupakan menjadi tantangan tersendiri bagi para dainya untuk meningkatkan kwantitas dan kualitas dakwah mereka, walaupun pemerintah setempat sudah membuat program dai kecamatan dengan menempatkan minimal satu dai disetiap kecamatan dengan dibiayai oleh pemerintah, tetapi untuk peningkatan kualitas para dai masih dirasakan kurang, oleh karena itu kami (MDPI) bekerjasama dengan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia kabupaten Aceh Tamiang dan yayasan Bina Insan Rabbani menyelenggarakan Workshop Dakwah dengan tema “ Toleransi, Terbuka dan Damai” acara ini berlangsung dua hari tgl 30 April-1Mei 2011.

Hari pertama acara berlangsung beberapa agenda acara sudah kita laksanakan seperti materi tentang retorika dakwah yang disampaikan oleh Ust. Drs. H. Ahmad Yani, dilanjutkan setelahnya dengan FGD (focus group discus), dan diakhiri dengan dakwah bergambar, setelah itu peserta istirahat untuk dilanjutkan kembali besoknya dengan acara yang lebih menarik lagi, agenda hari pertama selesai Peserta merasakan banyak manfaatnya dengan diselenggarakannya acara Workshop Dakwah ini, itu terlihat dari pesan dan kesan mereka.

Kesan-kesan peserta

1.      Kebanyakan peserta sangat antusias dengan Workshop Dakwah ini.

2.      Acara Workshop ini sangat bermanfaat bagi para dai untuk membuka cakrawala berfikir akan pentingnya berdakwah dan penguasaan materi.

3.      Acaranya cukup memuaskan, menyenangkan, dan mengenal para dai yang lainnya.

4.      Acara banyak memberikan manfaat, motivasi, wawasan dan pembelajaran.

5.      Mempererat ikatan silaturahim sesama dai.

6.      Pemateri cukup bagus.

7.      Acara FGD(focus Group Discus) dan Work Galery cukup menyenangkan.

Pesan-pesan peserta

1.      Mohon acara ini terus diadakan secara berkesinambungan.

2.      Mohon diadakan pula pembahasan fiqih dan ushul fiqih.

3.      Buku yang dibagikan mohon ditambah.

4.      Mohon ada tindak lanjut dari acara ini.

5.      Simulasinya kalau bisa ditambah lagi.