Workshop Dakwah Jepara

0
71 views

Jepara. Ya, itu nama kabupaten lokasi Workshop Dakwah yang diadakan oleh Majelis Dai Paguyuban IKHLAS pada 14-15 Mei 2011, setelah sebelumnya Workshop Dakwah diadakan di Nanggroe Aceh Darussalam, tepatnya di Tamiang. Sekitar pukul 17.30 sore tanggal 13 Mei 2011, pesawat rombongan panitia dan narasumber dari MDPI Jakarta mendarat di Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang. Kebetulan Ahmad Yani adalah juga nama Koordinator MDPI.

Sebagai pembicara tamu pada workshop di Jepara ini adalah Prof. Dr. Darwis Hude, MA. Beliau adalah Direktur Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta. Dan seperti biasa, dunia dakwah dan segala problematikanya disampaikan oleh Drs. H. Ahmad Yani.

Peserta workshop dakwah Jepara ini cukup antusias mengikuti jalannya pelatihan, meski tidak seantusias peserta Workshop Dakwah Palembang. Workshop Dakwah Jepara ini diikuti oleh peserta yang cukup beragam dilihat dari latar belakangnya. Yang menarik adalah kebanyakan diisi oleh anak muda, bahkan masih aktif kuliah. Jika dibandingkan dengan peserta Workshop Dakwah Parigi, Sulawesi Tengah yang memang diikuti oleh dai senior semua, Workshop Dakwah Jepara sangat muda.

Di satu sisi, fenomena ini menggembirakan karena tunas-tunas dai dari gerakan dakwah Islam bisa diharapkan tumbuh dan generasi tua menemukan penerusnya. Namun di sisi lain, ketidakberimbangan generasi tua dan muda dalam gerakan dakwah adalah problema tersendiri. Jika generasi mudanya terlalu banyak, maka bisa diduga bahwa sebenarnya gairah dakwah di sebuah daerah tidak terlalu semarak. Bagaimana pun, generasi tua masih memegang peran penting dalam gerakan dakwah karena dakwah membutuhkan pengalaman, kedalaman ilmu pengetahuan, dan juga  pengamalan agama yang baik, sesuatu yang tentunya jarang ditemui di kalangan generasi muda.

Mari berharap semoga Workshop Dakwah kali ini bisa menjadi solusi yang tepat bagi keberlangsungan gairah dakwah di Jepara, di kota tempat kelahiran RA. Kartini.[]