Takut Kepada Allah swt Tidak Menganiaya Pembantu

0
37 views

Dalam kehidupan rumah tangga, manusia kadangkala membutuhkan pembantu rumah tangga, namun banyak kasus-kasus yang menunjukkan majikan yang tidak berlaku baik pada pembantunya itu.

yusranpare.files.wordpress.comSuatu ketika, Abu Mas’ud Anshari sangat marah kepada pembantunya hingga memukul dengan tongkatnya. Tiba-tiba dari arah belakangnya, ia mendengar suara cukup keras: “Abu Mas’ud ingatlah!”.

Karena kemarahannya yang memuncak, ia tidak sampai bisa memperhatikan suara siapakah itu?. Ketika si pemiliki suara semakin dekat dan mengatakan hal itu lagi, barulah ia sadar bahwa yang mengatakan hal itu adalah Rasulullah saw.

“Engkau harus sadar bahwa Allah lebih memiliki kekuasaan atasmu dibanding kekuasaanmu atas pembantumu”, tegas Rasul mengingatkan.

Mendengar hal itu, Abu Mas’ud menjatuhkan tongkatnya sambil berkata: “Aku tidak akan memukul pembantuku lagi dan untuk mencari ridha Allah swt aku membebaskannya dari status budak”.

Rasulullah melanjutkan perkataannya: “Jika engkau tidak melakukan hal ini, sungguh api neraka akan membakarmu”.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah di atas adalah:

1.    Keberadaan pembantu rumah tangga merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan, karenanya harus diperlakukan dengan baiki.

2.      Orang yang takut kepada Allah tidak mau menganiaya pembantunya lagi.

BAGI
Artikel SebelumnyaBekerja dan Bekerja
Artikel BerikutnyaShafar