Puasa Pada Hari Raya

0
47 views

lintas-kabar.comSebagai muslim yang awam, saya perlu menanyakan persoalan yang saya hadapi kepada pengasuh.

Pertama, Saya sering mendengar dari para muballigh bahwa puasa pada tanggal 1 syawal diharamkan oleh Allah Swt. Bagaimana dengan orang yang telah melihat bulan dan meyakini bahwa satu syawal jatuh pada hari itu, sedang shalat Idul Fitri dilaksanakan besok harinya, apakah puasa yang dijalankannya termasuk yang diharamkan? Sedang kalau ia tidak puasa sementara Idul Fitri belum dilaksanakan, ini menandakan Ramadhan belum berakhir dan ia harus tetap puasa?

Kedua, Mengapa tidak dikatakan saja puasa Idul Fitri yang diharamkan, sebab hakikatnya Idul Fitri itu sudah tiba, inikan berarti menghindari tanggapan orang awam yang belum mengerti hukum berpuasa, bagi saya, orang-orang yang di pusat yang paling tepat menentukan jatuhnya satu syawal, sebab disamping para ahli hisab dan ru’yah berkumpul, didukung pula oleh sarana pengamatan yang canggih.

Demikian pertanyaan ini saya ajukan dengan harapan mendapat penjelasan dari pengasuh.

Wassalam

Syamsuridjal Ali

Desa Hang-Hanga Kec. Luwuk

Kab. Banggai Sulawesi Tengah, 94751

Jawaban Pengasuh

Puasa pada tanggal satu syawal memang diharamkan oleh Allah melalui sabda Rasulullah yang artinya: “dari Anas ra, bahwa Nabi Saw melarang puasa lima hari dalam setahun, yaitu: hari raya fitri, hari raya adha dan tiga hari tasyriq (tiga hari sesudah Idul Adha)” (HR. Daruquthni).

Maka orang yang telah melihat bulan dan meyakini bahwa hari itu adalah hari raya Idul Fitri tentu saja dia tidak boleh berpuasa meskipun orang-orang di kampungnya tetap berpuasa, sebab tidak boleh melakukan yang dilarang Allah sementara hendak menghormati perintah yang sunat, yaitu shalat Idul Fitri. Anda tidak shalat Idul Fitri tidak ada masalah, yang penting anda jangan sampai puasa pada hari yang diharamkan berbuasa, sementara di masyarakat secara luas hari itu sedang melaksanakan Idul Fitri.

Ada satu hal yang mesti anda pahami bahwa, berakhirnya bulan Ramadhan itu ditentukan dengan munculnya bulan pada tanggal satu syawal, orang mau mengerjakan shalat Idul Fitri atau tidak kalau bulan sudah nampak berarti Ramadhan berakhir dan bergantilah dengan syawal, jadi hari itu tidak dibenarkan berpuasa.

Sdr. Syamsuridjal Ali, seharusnya orang yang berpuasa pada hari itu memang dikatakan puasa pada hari raya Idul Fitri yang diharamkan, tapi karena belum mau sepakat dengan umat Islam secara keseluruhan dalam penetapan tanggal satu syawal, akhirnya mereka masih merasa dalam bulan Ramadhan.

Namun alhamdulillah sekarang ini umat Islam sudah sepakat dalam menetapkan tanggal dimulainya Ramadhan, bahkan tidak hanya umat Islam se-Indonesia, tapi juga se-Asia Tenggara yang belum lama para ahli hisab dan Ru’yatnya berkumpul untuk menentukan kalender Islam. Jadi memang kita yang awam harus ikut saja dengan putusan para ahli dalam menetapkan kapan dimulai dan diakhirinya puasa Ramadhan.

Demikian jawaban singkat pengasuh, semoga persoalan yang anda hadapi sudah semakin jelas duduk persoalannya.

(Drs. H. Ahmad Yani) 

Silahkan kirimkan pertanyaan anda ke : ayani_ku@yahoo.co.id