Puasa Bersama Para Ulama

0
124 views

Bulan ramadhan adalah bulan yang mulia, karena didalamnya berbagai amal sholeh dilipat gandakan pahalanya, siapapun yang memuliakan bulan ramadhan dengan berbagai amalan, baik yang wajib ataupun yang sunnah maka akan mendapatkan kemuliaan dari Allah swt. Agar kita bisa mengsisi bulan ramadhan tahun ini dengan berbagai amal sholeh, maka ada baiknya kita simak bagaimana para ulama dahulu mengisi bulan ramadhan.

Pertama, bulan ramadhan adalah bulan Al-Qur’an

Dalam beberapa kitab kita dapatkan bagaimana para ulama dahulu mengisi bulan ramadhan dengan Al-Quran, diantara mereka adalah:

Pertama, Qatadah As-Sadusi

Beliau adalah seorang tabiin, murid Anas bin Malik, beliau dilahirkan tahun 60 H, mata beliau buta, tetapi beliau selalu mengkhatamkan Al-Quran sepekan sekali diluar bulan ramadhan. Ketika bulan ramadhan tiba, beliau mengkhatamkan 3 hari sekali, dan pada saat 10 hari terakhir, beliau mengkhatamkannya sehari sekali. Beliau meninggal di daerah Wasith tahun 117 H, di usia 56 tahun. (Siyar A’lamin Nubala’:5/269)

Kedua, Ibnu Syihab Az-Zuhri
Nama beliau adalah Muhammad bin Muslim bin Abdullah Az-Zuhri (58 – 124 H). keturunan Bani Zuhrah bin Kilab, suku Quraisy. Seorang tabiin, penduduk Madinah. Sekalipun beliau sangat perhatian dengan bukunya, ketika bulan ramadhan, beliau tinggalkan kegiatan membaca hadis dan belajar kepada ulama, diganti dengan membaca Al-Quran dengan mushaf. (Az-Zirikli, Al-A’lam, 7/97)

Ketiga, Imam Abu hanifah

Orang yang melakukan shalat fajar dengan wudhu isya selama 40 tahun ini menghatamkan Al-Qur`an 2 kali dalam sehari di bulan ramadhan, pada waktu siang sekali, dan pada waktu malam sekali (Manaqib Imam Abu Hanifah, 1/20-21).

Keempat, Al-Imam Malik bin Anas

Jika memasuki bulan Ramadhan beliau meninggalkan pelajaran hadits dan majelis ahlul ilmi, dan beliau mengkonsentrasikan kepada membaca Al-Qur’an dari mushaf. (Siyar A’lamin Nubala’:8/49)

Kelima, Imam As-Syafii
Beliau selama bulan ramadhan menghatamkan Al-Quran 60 X – siang sekali dan malam sekali– beliau baca diluar shalat. (Tahdzib Al-Asma’ wa Al-Lughat, 1/ 45)

Keenam, Aswad bin Yazid An-Nakha’i Al Kufi

Bahwa beliau menghatamkan Al-Qur`an dalam bulan ramadhan setiap dua hari, dan beliau tidur hanya di waktu antara maghrib dan isya, sedangkan diluar ramadhan beliau menghatamkan Al-Qur`an dalam waktu 6 hari. (Hilyah Al Auliya (2/103)

Ketujuh, Qatadah bin Diamah

Beliau dalam hari-hari biasa, tabi’in ini menghatamkan Al-Qur`an sekali tiap pekan, akan tetapi tatkala ramadhan tiba beliau menghatamkan Al-Qur`an sekali dalam tiga hari, dan apabila datang sepuluh hari terakhir beliau menghatamkannya sekali dalam semalam .(Hilyatul Auliya’: 2/338).

Kedelapan, Abu Al-Abbas Atha’

Beliau juga termasuk mereka yang luar biasa dalam tilawah. Di hari-hari biasa ia menghatamkan Al-Qur`an sekali dalam sehari. Tapi di bulan ramadhan, Abu Al Abbas mampu menghatamkan 3 kali dalam sehari. (Hilyatul Auliya’: 10/302).

Kesembilan, Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri

Beliau jika datang bulan ramadhan meninggalkan manusia dan mengkonsentrasikan diri untuk membaca Al-Qur’an. (Siyar A’lamin Nubala’:7/277)

Kesepuluh, Manshur bin Zadan

Seorang Tabiin mampu menghatamkan Al-Qur`an diantara shalat Maghrib dan Isya’, hal itu bisa beliau lakukan dengan cara mengakhirkan shalat Isya hingga seperempat malam berlalu. Dalam hari-hari biasapun beliau mampu menghatamkan Al-Qur`an sekali dalam sahari semalam. (Hilyah Auliya’, 3/57).

Kesebelas, Al-Walid bin Abdil Malik

Beliau menghatamkan Al-Qur’an setiap 3 malam sekali diluar bulan ramadhan, dan menghatamkannya sebanyak 17 kali selama bulan ramadhan. (Siyar A’lamin Nubala’: 4/348)

Keduabelas, Al-Imam Muhammad bin Ismail Al-Bukhari

Beliau menghatamkan Al-Qur’an pada siang bulan ramadhan setiap harinya dan setelah melakukan shalat tarawih beliau menghatamkannya setiap 3 malam sekali. (Siyar A’lamin Nubala’:12/392-400)

Kedua, Bulan ramadhan juga adalah bulan yang disunnahkan untuk untuk ibadah sholat tarawih dan bisa juga dengan sholat malam, Al-Hasan Al-Bashri berkata: Aku tidak mendapati suatu ibadah pun yang lebih besar nilainya daripada shalat pada pertengahan malam.

Abu ‘Utsman An-Nahdi berkata: Aku bertamu kepada Abu Hurairah selama 7 hari, maka beliau, istri dan pembantunya membagi malam menjadi 3 bagian, yang satu shalat ini kemudian membangunkan yang lainnya.

Dahulu Syaddad bin Aus jika beranjak untuk beristirahat di ranjangnya, kondisinya bagaikan biji yang berada di atas penggorengan (yakni tidak tenang) kemudian berdoa : Ya Allah! Sesungguhnya Jahannam (terus mengancam)! Jangan Engkau biarkan aku tidur. Maka beliau pun bangun dan langsung menuju tempat shalatnya.

Dari As-Saib bin Yazid dia berkata: Umar bin Al-Khaththab ra memerintahkan Ubay bin Ka’ab dan Tamim Ad-Dari ra mengimami manusia pada malam Ramadhan (dalam shalat tarawih). Kemudian sang imam membaca 200 ayat, hingga kami bersandar kepada tongkat-tongkat karena lamanya berdiri, tidaklah kami selesai dari shalat kecuali telah mendekati waktu shubuh. (HR. Al-Baihaqi).

Dari Malik bin ‘Abdillah bin Abi Bakr, dia bekata : Aku mendengar ayahku berkata: Dahulu kami selesai dari shalat malam pada bulan ramadhan, kami pun bersegera mempersiapkan makan karena takut datangnya waktu subuh. (HR. Malik dalam Al Muwaththa’).

Dari Dawud bin Al-Hushain, dari ‘Abdurrahman bin Hurmuz, dia berkata: Para qari’ (para imam tarawih) dahulu membaca surat Al-Baqarah dalam delapan raka’at. Maka ketika para qari’ (para imam tarawih) membacanya dalam 12 raka’at, orang-orang melihat bahwa para imam tersebut telah meringankan bacaan untuk mereka. (HR. Al Baihaqi)

Nafi’ berkata: Dahulu Ibnu ‘Umar ra tinggal di rumahnya pada bulan Ramadhan. Ketika orang-orang telah pergi dari masjid, beliau mengambil sebuah wadah yang berisi air kemudian keluar menuju masjid Rasulullah saw, lalu beliau tidak keluar dari masjid sampai tiba waktu shalat shubuh di masjid tersebut. (HR. Al Baihaqi)

Bulan ramadhan juga adalah bulan dimana rasulullah saw sangat dermawan kepada faqir dan miskin, hal itu sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس بالخير، وكان أجود ما يكون في شهر رمضان، إنّ جبريل عليه السلام كان يلقاه في كل سنة في رمضان حتى ينسلخ فيعرض عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم القرآن، فإذا لقيه جبريل كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود بالخير من الريح المرسلة.

Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling pemurah dalam memberikan kebaikan, dan sifat pemurah beliau yang paling besar adalah ketika Ramadhan. Sesungguhnya Jibril biasa berjumpa dengan beliau, dan Jibril ‘alaihis salam senantiasa menjumpai beliau setiap malam bulan Ramadhan sampai selesai (habis bulan Ramadhan), Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membacakan padanya Al Qur’an. Ketika berjumpa dengan Jibril’ alaihissalam, beliau sangat dermawan kepada kebaikan daripada angin yang berhembus. (Muttafaqun ‘Alaihi)

Kedermawanan juga dicontohkan oleh para sahabat dan ulama lainnya diantaranya, sahabat Ibnu Umar pernah mendapat kiriman harta senilai 4.000 dirham (sekitar 680 juta rupiah) dan satu baju yang ada bulunya. Malam itu juga langsung dibagikan kepada Fakir Miskin. Dan beliau mempunyai kebiasaan berbuka puasa dengan fakir miskin.

Ulama lain Hammad bin Abi Salamah ra memberi jamuan berbuka pada bulan ramadhan kepada 500 orang dan setelah ‘idul fithri beliau memberi masing-masing mereka dengan 500 dirham.

Dari paparan diatas semoga kita termotivasi, dan bisa mengisi bulan ramadhan dengan amal sholeh, agar tidak ada waktu yang tersia-siakan, tentang hal ini Al-Hasan Al-Bashri ra juga berkata: Dunia itu ada tiga hari: (1) Adapun kemarin, maka dia telah pergi dengan amalan-amalan yang kamu lakukan padanya, (2) adapun besok, mungkin saja kamu tidak akan menjumpainya lagi, (3) dan adapun hari ini, maka ini untukmu, maka beramallah pada saat itu juga.

Ibnul Qayyim ra juga berkata: Menyia-nyiakan waktu itu lebih buruk daripada kematian, karena menyia-nyiakan waktu itu memutuskan kamu dari Allah dan negeri akhirat, sementara kematian itu memutuskan kamu dari dunia dan penghuninya.

Referensi:

  1. Abu nu’aim Ahmad bin Abdillah Al-Ashfahani, Hilyatul Auliya’
  2. Muhammad bin Ahmad bin Ustman Adz-Dzahaby, Siyar A’lamin Nubala
  3. Imam An-Nawawi, Tahdzib Al-Asma’ wa Al-Lughat,
  4. Khoiruddin Az-Zirikli, Al-A’lam
  5. Muhammad bin Ahmad bin Ustman Adz-Dzahaby, Manaqib Imam Abu Hanifah
BAGI
Artikel SebelumnyaKomoditas Suci
Artikel BerikutnyaRamadhan dan Keramahan