Pesta Buku di Islamic Book Fair 2011

0
21 views

almizanpublishing.comSejak Jum’at (4/3) kemarin, perhelatan pameran buku-buku Islam terbesar se-Asia ini sudah berlangsung dengan meriah. Mulai dari anak-anak sampai orang tua, mereka terlihat sangat antusias menghadiri ruangan pameran yang bertaburan buku dan gemerlapnya dekorasi layaknya sebuah pesta.

 

Islamic Book Fair (IBF) yang rutin diadakan tiap tahunnya ini memang merupakan momentum yang sangat dinanti-nantikan para insan perbukuan di Indonesia. Untuk tahun ini, IBF ke-10 diselenggarakan dari tanggal 4-13 Maret 2011 di Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Awalnya IBF merupakan sebuah gagasan untuk berpromosi dan memperluas pemasaran buku di tengah kelesuan industri buku pada tahun 2001. Sejak krisis moneter tahun 1998, industri perbukuan di Indonesia mengalami penurunan yang tajam.

Data keanggotaan IKAPI menunjukan, lebih dari 30 persen anggotanya berhenti beroperasi alias tidak dapat menjalankan usahanya. Sampai dengan tahun 2000 industri penerbitan belum juga menunjukan gairah sebagaimana era sebelum krismon melanda Indonesia dan nergara-negara Asia lainnya. Di antara bidang penerbitan yang relatif bertahan adalah para penerbit yang menerbitkan buku Islam. (www.islamic-bookfair.com)

Seiring perjalanan waktu, ternyata dunia perbukuan Islam bertambah bergairah di negeri ini. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya penerbit dan toko buku yang berpartisipasi sebagai peserta pameran yang diselenggarakan oleh IKAPI ini. Bahkan, panitia sampai menambah area stand di sayap kanan kiri gedung Istora dengan menggunakan tenda khusus guna menampung banyaknya jumlah peserta pameran.

Menurut Iwan Setiawan, Ketua Panitia IBF ke-10, dalam pameran buku yang bertemakan Khazanah Islam untuk Peradaban Bangsa itu, ada sekitar 150 penerbit buku menempati sekitar 250 stand dari 379 stand yang disediakan, sedangkan sisanya digunakan oleh stand non buku.

Selain itu juga, jika dilihat dari jumlah pengunjung, pengunjung IBF pun terlihat membludak dan memadati area IBF, terutama pada hari Sabtu dan Ahad.

Salah satu yang juga membuat IBF menarik untuk dikunjungi adalah padatnya acara-acara yang khusus diselenggarakan panitia pada IBF 2011 kali ini. Acara tersebut berupa bedah buku, talkshow, Islamic Science Festival, Seminar, Workshop, dan lain-lain. Bahkan, IBF pun rencananya akan dihadiri tokoh nasional maupun tokoh perbukuan di negeri Ini, seperti  Hidayat Nurwahid, Quraish Shihab, Neno Warisman, Habiburrahman El Shirazy, dan masih banyak lagi.

Acara yang secara seremonial dibuka oleh Mahfud MD ini pun dimeriahkan dengan banyaknya artis-artis pendukung yang turut hadir di IBF kali ini. Selain itu, pada pembukaan IBF ke -10 ini, nampak hadir Prof. Dr. Nasaruddin Umar, Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama. Bahkan hadir pula enam duta besar negara sahabat yakni, Dubes Romania, Dubes Siria, Dubes Tunisia, Dubes Palestina, dan Dubes Sudan.

BAGI
Artikel SebelumnyaNyepi
Artikel BerikutnyaMengutamakan yang Shaleh