Percikan Air, Celak dan Bugarnya Mata

0
12 views

Dari sekian banyak doa yang diajarkan Rasulullah saw kepada kita adalah agar kita meminta kepada Allah swt agar disehatkan dan dibugarkan penglihatan kita, “Allahumma `aafini fi bashari” Yaa Allah sehat dan bugarkanlah penglihatanku. Ini artinya kita meminta agar organ mata kita menjadi senantiasa sehat dan bugar.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap kita perlu memperhatikan kondisi mata kita. Mungkin pembaca pernah mendapati kisah seorang sahabat yang bernama Salman Al-Farisi yang menunjukkan ketidaksetujuannya kepada salah seorang sahabat yang menghabiskan siangnya untuk berpuasa dan malamnya dengan qiyamullail, sehingga istrinya merasa suaminya tidak butuh dengan dirinya.  Singkat cerita ketika hal ini disampaikan kepada Nabi saw, lahirlah sebuah kalimat mulia yang perlu senantiasa kita ingat “Inna fii `ainika `alaika haq” sesungguhya pada matamu ada hak yang harus engkau penuhi.  Demikianlah Islam meminta kepada pemeluknya agar tidak menyepelekan hak matanya misalnya untuk beristirahat dll, karena bisa berdampak pada banyak hal.

Dalam beberapa ayatnya Al-Quran menggarisbawahi perihal “Bashar”(penglihatan),  ini berarti pula sedang menyinggung masalah mata; karunia yang Allah anugerahkan kepada manusia sebagai organ yang berfungsi untuk melihat. Misalnya dengan  ungkapan bahwa penglihatan adalah kenikmatan yang agung, penglihatan itu akan dimintakan pertanggungjawabannya. Maka bagi seorang yang ingin mensyukuri karunia besar ini diantara caranya adalah dengan berupaya merawat kebugarannya sebaik mungkin, apa lagi dengan pengetahuanya bahwa kelak akan dimintai pertanggungjawabannya.

Ada beberapa saran agar kita -dengan izin Allah- mampu merawat kebugaran mata kita, diantaranya adalah;

Percikan Air

Pada tulisannya; Dalaail An-nubuwah al-muhammadiyyah fii dhau`I al-ma`aarif ad-diiniyyah, Prof. Mahmud Mahdi Istambuli, pada tuisan yang berjudul “Air Dingin” dengan referensi banyak penelitian di Amerika seputar upaya meningkatkan ketajaman mata tanpa menggunakan alat bantu kaca mata, beliau mengatakan : “Air dingin memiliki khasiat yang efektif dalam menguatkan penglihatan kedua mata dan jaringan-jaringan sel yang ada di sekitarnya. Mereka para ilmuan Amerika manyarankan bahwa seseorang perlu memercikkan air dingin pada kedua matanya dalam keadaan terpejam setiap kali ia mencuci muka”.

Subhanallah wal hamdulillah, betapa bersyukurnya kita sebagai seorang muslim yang gemar berwudhu, bukankah ketika kita membasuh muka secara tidak langsung juga sedang melakukan saran di atas. Dan ternyata Rasulullah  saw dalam riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi apabila berwudhu ketika membasuh muka beliau menyempatkan untuk mengusap sudut mata.

Memakai Celak

Mungkin kita sering melihat seseorang memakai celak pada matanya, ternyata ini tidak hanya masalah penampilan agar mata tampak lebih indah, ini ada kaitannya dengan kesehatan dan kebugaran mata. Memang benar celak akan memperindah mata tapi tidak hanya untuk urusan ini saja, celak bahkan bisa menajamkan penglihatan dan menyehatkan bulu mata.

Ternyata dalam celak yang berwatna hitam itu terdapat kandungan senyawa logam seng (Zn) yang biasa dimanfaatkan oleh para dokter spesialis mata guna membersihkan mata dari bakteri dan meminimalisir sekresi lemak serta mengurangi peradangan di mata. Selain itu berfungsi menajamkan pandangan mata dan memperindah.

Jika kita simak hadits-hadits Rasulullah kita akan menjumpai sabda beliau yang berbunyi “Pergunakanlah istmid(celak) sebelum tidur, karena ia menguatkan pandangan dan menumbuhkan bulu mata” (HR. Ibnu Majah) dalam hadits yang lain beliau menyatakan  “Pergunakanlah istmid karena ia menumbuhkan bulu mata,membersihkan kotoran dan menjernihkan penglihatan mata”(HR. Ibnu Majah)

Betapa di hari-hari ini, debu yang begitu banyak berterbangan, polusi yang susah terkendali semoga membuat kita semaki berhati-hati menjaga kasehatan diri, betapa tak ternilai harganya karunia yang Allah berikan kepada kita berupa bola mata dengan fungsi penglihatannya, betapa mesti kita syukuri…

Namun tentunya jangan hanya peduli dengan bugarnya fisik mata namun sangatlah penting untuk menjaganya agar terhindar dari pemanfaatan pada hal-hal yang tidak disenangi atau dibenci oleh Sang Pemberi. Ketika Dia berkata “Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka” maka termasuk bagian dari diri ini adalah mata.(sm)     

BAGI
Artikel SebelumnyaCerita Cerai
Artikel BerikutnyaKewajiban Memilih Pemimpin