Pengantin Al-Qur’an

0
12 views

info bukuinfo bukuDalam Islam, perkawinan merupakan ikatan suci antara dua insan guna meraih sakinah serta menjalin mawaddah dan rahmat. Perkawinan memang merupakan sebuah ikatan, bukan hanya ikatan cinta biasa antara seorang laki-laki dan perempuan, tetapi ikatan lahir dan batin antara keduanya untuk hidup bersama. Dalam Al-Qur’an, ikatan tersebut dinamai Allah Mitsaqan Ghalizha.. ikatan yang sangat tebal, yakni tali temali pengikatnya yang sangat kuat.

Perkawinan itu sendiri juga merupakan fitrah. Keterikatan antara seorang lelaki dan perempuan dalam sebuah rumah tangga merupakan kebutuhan setiap orang yang bersifat naluriah. Bahkan, ia menjadi kebutuhan bagi kesempurnaan hidup manusia.

Rasulullah pun sangat menganjurkan kalangan muda-mudi yang telah mampu untuk menyegerakan perkawinan,

“Wahai para pemuda, siapa di antara kamu yang telah mampu kawin maka hendaklah dia kawin, karena yang demikian itu lebih menjaga mata untuk tidak liar dan lebih memelihara kemaluan; dan siapa yang belum mampu (kawin), maka hendaklah dia berpuasa (menahan diri) karena yang demikian itu benteng baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun, membangun sebuah rumah tangga tidak seperti membangun rumah, menyusun bata di atas bata. Tidak juga seperti membuat taman, merangkai kembang di samping kembang, apalagi seperti menghimpun binatang di dalam kandang. Ia tak semudah apa yang diduga orang, karena hubungan ini bukanlah angka-angka yang dapat dihitung dan diprediksi.

Buku berjudul Pengantin Al-Qur’an: Kalung Permata Buat Anak-anakku ini berisi nasihat-nasihat yang bisa dijadikan rujukan oleh setiap pasangan suami isteri dalam menjalani bahtera rumah tangga mereka guna mencapai kehidupan yang sakinah.

Buku yang ditulis oleh pakar Tafsir Al-Qur’an, Prof. DR. M. Quraish Shihab ini bukan saja bermanfaat bagi mereka yang akan memasuki jenjang perkawinan, tetapi juga bagi mereka yang telah menikah pun akan mendapat banyak pencerahan yang sangat diperlukan dalam menciptakan keluarga yang sakinah. Karena sakinah bukanlah hadiah atau anugerah yang jatuh begitu saja dari langit. Tetapi ia merupakan suatu kondisi yang harus diperjuangkan perwujudannya lewat kesungguhan, kesabaran dan pengorbanan.

Judul Buku     :   Pengantin Al-Qur’an: Kalung Permata Buat Anak-anakku

Penulis          :   Prof. DR. M. Quraish Shihab

Penerbit        :   Lentera Hati

Volume          :   204 + vii hlm.

ISBN             :   978-979-9048-46-2