Merawat Kecantikan Alami

0
44 views

Setiap perempuan umumnya ingin terlihat cantik terutama untuk membahagiakan suaminya. Kecantikan memang bisa diperoleh dengan riasan wajah yang tepat dan cocok dengan tipe wajah, akan tetapi yang paling penting adalah merawat kecantikan wajah alami agar wajah tetap terlihat cantik walaupun tanpa riasan atau make-up.

Terkadang sesama perempuan mereka sering membanding-bandingkan cara perawatan kecantikan satu dengan lainnya, dengan temen-temen dekatnya bahkan dengan para selebritis. Satu hal penting yang harus diketahui adalah bahwa perawatan kecantikan untuk seseorang belum tentu cocok untuk orang lain. Hal ini karena setiap perempuan memiliki keunikan  kecantikan masing-masing, maka perawatan untuk perempuan berkulit normal tentu berbeda dengan perempuan yang berkulit kering.

Namun apapun jenis perawatannya, ada beberapa hal yang bisa dijadikan panduan untuk merawat kecantikan alami ;

Pertama : Tidak perlu kosmetik berharga mahal untuk merawat kecantikan, tapi juga jangan pelit untuk memberi perawatan yang tepat.

Mungkin kita hanya memerlukan krim wajah seharga lima puluh ribu rupiah, misalnya, untuk pemakaian sehari-hari agar kelembutan kulit wajah tetap terjaga. Namun , jika sudah berusia lanjut dan memerlukan perawatan extra, misalnya agar wajah tidak terlalu keriput dan membutuhkan serum seharga dua ratus ribu rupiah, jangan pelit untuk kebutuhan sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah faktor prioritas sehingga kita dapat mendahulukan mana yang lebih penting dan mendesak, namun jika memang perlu dana lebih untuk perawatan dan ada kemudahan untuk melakukannya maka jangan ragu-ragu, toh itu untuk kepentingan kita sendiri.

Kedua : Selalu menjaga kebersihan kulit wajah dan tubuh.

Kebersihan adalah suatu keharusan dalam perawatan kecantikan. Kosmetik wajib yang harus selalu digunakan oleh perempuan di segala usia adalah pelembab dan pepbersih wajah. Tentu pelembab dan pembersih  wajah ini  banyak sekali macamnya, seorang perempuan harus memakai kosmetik yang cocok untuk kulitnya. Dengan niatan yang benar, ketika seorang wanita merawat kebersihan dirinya maka dia sedang melakukan sesuatu yang dicintai Tuhannya, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang gemar bertaubat dan senantiasa bersuci”

Ketiga : Berolahraga untuk menjaga kecantikan diri

Kecantikan tidak hanya diperoleh dari perawatan dengan kosmetik yang tepat, tapi juga dari kebugaran tubuh. Kecantikan alami akan jauh lebih terjaga jika kita rajin berolah raga. Tentunya olah raga tidak hanya menjadi hak laki-laki, perempuan juga sangat layak untuk mengambil peluang mensyukuri hidup ini dengan olah raga yang memang di butuhkan oleh setiap manusia. Seorang muslimah sudah seharusnya tetap menjaga kebugaran tubuhnya, sebuah pelajaran berharga dari Rasulullah saw dengan istiri beliau `Aisyah yang pernah  berlomba lari. Walau tentunya seorang muslimah perlu mencari jenis olah raga yang cocok untuk dirinya sebagai seorang muslimah.

Keempat : Mengatur pola makan yang baik

Memiliki bentuk tubuh ideal tentu menjadi idaman setiap perempuan. Salah satu cara untuk memperolehnya adalah dengan mengatur pola makan. Tentu tidak salah jika kita suka makan coklat atau es krim, tetapi kita harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan berserat dan berprotein.  Kata kunci dalam diet pola makan adalah “cukup”, kita boleh mengkonsumsi apa saja yang kita sukai, asalkan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Karena demikianlah agama kita menitahkan; “Kuluu wasyrabuu walaa tusrifuu”. Dan tentunya sebagai muslimah sangat perlu untuk mengenal minyak buah zaitun, minyak yang konon sudah dipakai untuk kepentingan kecantikan dan perawatan tubuh sejak masa mesir kuno, dan memang pohonnya  juga banyak tumbuh di wilayah sekitar al-quds Palestiwa. Sebuah wilayah yang diawal surah al-Isra Allah mengatakan “Al—ladzi baarakna haulahu”…Yang sekitarnya (al-quds) Kami berkahi”, walau belum lama ini zionis israil dengan kejamnya menebang jutaan pohon zaitun yang ditanam oleh rakyat palestina, namun dengan kesabarannya mereka tetap kembali menanamnya.

Kelima : Istirahat yang cukup

Salah satu hak tubuh kita adalah istirahat, dengan beristirahat, tubuh menjadi rileks dan dengan sendirinya –dengan izin Allah- tubuh itu akan mengumpulkan kembali energy dan kekuatannya untuk beraktifitas.  Tidur cukup dimalam hari adalah istirahat yang paling baik, dan ada yang menambahnya dengan tidur siang dalam waktu yang singkat untuk memjaga kebugaran tubuh juga kebugaran otak. Tentang pentingnya member hak tubuh untuk istirahat, Rasulullah pernah menunjukkan ketidaksetujuan beliau terhadap seorang sahabat yang menghabiskan waktu siangnya untuk berpuasa dan setiap malamnya dilewati dengan shalat malam, maka beliau menyatakan bahwa dalam dirimu ada hak yang harus kau tunaikan, dan salah satu yang beliau sebutkan adalah hak mata yang tentunya termasuk seluruh tubuh ini untuk beristirahat dengan baik. Tentang pentingnya tidur siang pembaca bisa melihat tulisan yang lalu tentang tidur siang yang membugarkan pada rubrik ini .

Ini adalah beberapa tips beristirahat ;

1-   Tidurlah rata-rata 6-8 jam setiap harinya, hal ini akan dapat menjaga kesegaran wajah, kulit secara umum dan tubuh.

2-   Hindari minuman berkafein, bersoda dan mengandung asam menjelang beristirahat. Hal ini demi mencegah perut kembung yang dapat mengganggu kesehatan.

3-   Minumlah segelas air putih sebelum tidur, dan pagi hari setelah bangun tidur minumlah lagi segelas air putih. Hal ini  baik untuk memperlancar metabolism tubuh.

4-   Jangan lupa gemarlah berdoa untuk meminta kebugaran. Karena dengan ini kita dapat melakukan banyak aktifitas kebaikan.

5-   Gemarlah melakukan Qiyamullail, dalam satu riwayat disebutkan bahwa di pagi harinya akan membuat wajah menjadi cerah, namun jangan salah niat.

6-   Berwudhu sebelum tidur di setiap malam.

 

Sumber utama : tulisan Ibu Yashmien Shieff,SH,MBA,Authetic Dipl/Majalah Kesehatan Natural, edisi 01