Mengkader Dai Nusantara

0
65 views

Mengkader Dai NusantaraDalam kehidupan sekarang, tuntutan penyebarluasan pesan-pesan dakwah semakin besar. Umat Islam yang tinggal di berbagai pelosok negeri mengharapkan kedatangan dan kehadiran para dai yang berkualitas secara berkesinambungan. Paling tidak, ada dua langkah penting yang harus dilakukan.

Pertama, menugaskan para dai dari kota-kota seperti Jakarta ke kampung-kampung untuk waktu yang lama. Kita bersyukur cara ini sudah dilakukan oleh beberapa lembaga dakwah dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Diperlukan tenaga dai yang banyak dengan biaya yang cukup besar serta kesiapan sang dai sendiri beserta keluarganya untuk tinggal di kampung-kampung yang menjadi objek dakwahnya.

Kedua, meningkatkan kualitas dai lokal yang ada di kampung-kampung agar semakin kuat motivasi dan tanggungjawabnya dalam dakwah, tercerahkan pemikiran dan pemahamannya tentang ajaran Islam yang didakwahkan serta meningkat kemampuan teknisnya dalam berdakwah. Cara ini bisa dilakukan melalui workshop dan pelatihan dai dengan waktu yang cukup.

Dalam rangka itu, Majelis Dai Paguyuban Ikhlas yang kami kelola berkonsentrasi dengan melaksanakan Workshop Dakwah dan Pelatihan Dai di beberapa daerah yang dilaksanakan melalui kerjasama dengan yayasan, lembaga dan instansi terkait. Sejak tahun 2007 telah kami laksanakan di beberapa daerah antara lain:

1.    Sorong Papua (2007)

2.    Banjarmasin Kalimantan Selatan (2007)

3.    Pontianak Kalimantan Barat (2007)

4.    Yogyakarta (2007)

5.    Palembang Sumatera Selatan (2007)

6.    Gorontalo Sulawesi (2008)

7.    Mamuju Utara Sulawesi Barat (2008)

8.    Lombok Nusa Tenggara Barat (2008)

9.    Lembata Nusa Tenggara Timur (2008)

10.  Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah (2010)

11.  Tanah Datar Sumatera Barat (2010)

 Akan diselenggarakan lagi pada tahun ini di Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur dan Jawa Barat.

Para peserta umumnya merasakan manfaat yang besar dari acara seperti ini, mereka berharap diadakan di tingkat kabupaten/kota sehingga para dai di tingkat kecamatan dan kelurahan bisa mengikuti, karena memang amat jarang bahkan tidak pernah mereka mengikuti training dai, apalagi selain mendapatkan materi, bahan-bahan dakwah berupa buku diberikan juga kepada mereka.

Mengkader Dai NusantaraUntuk melaksanakan program ini, Majelis Dai Paguyuban Ikhlas menyiapkan dana sekitar Rp 50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah) untuk setiap kali acara, sedangkan panitia lokal juga menganggarkan dana konsumsi dan akomodasi peserta. Dana tersebut digunakan untuk tiket pesawat  dan honor empat orang narasumber dan fasilitator, penginapan, transport peserta, bahan bacaan untuk peserta, dll.

Karena banyak Yayasan dan lembaga di daerah yang menginginkan diselenggarakannya acara ini, kami mengajak anda untuk menginfakkan dana, langsung ke:

Gedung Yayasan Paguyuban Ikhlas,

Jl. KH. Fachrudin No 6 Tanah Abang, atau

 

Melalui Rekening :

Bank Mandiri Cabang Depok  

No : 157-00-0218354-0  

a.n : Ikah Rohilah

 

Bank Syariah Mandiri Cabang Palmerah

No. : 0860001829

a.n : Ahmad Yani

 

Komunikasi Langsung ke :

Ust. Ahmad Yani :08129021953,

email: ayani_ku@yahoo.co.id,

Mas’ud Halimin :081381586773,

email: emdemandar@yahoo.com.  

 

 

BAGI
Artikel SebelumnyaSyahid
Artikel BerikutnyaAgar Balita Anda Lebih Bugar