Mengawali Percakapan

0
105 views

Seorang muslim jika bertemu dengan muslim lainnya sudah sewajarnya yang menjadi pembuka percakapannya adalah “ucapan salam”. Ini tidak hanya kebiasaan yang baik, namun juga sekaligus bernilai ibadah karena di saat melafaldkannya kita sedang berniat mengikuti salah satu sunnah Rasulullah saw. Berarti kita sedang beribadah, bahkan salam termasuk sesuatu yang diminta oleh Rasul agar kita menyebarkannya.

Inilah salam yang biasa di lafaldkan sebagai pembuka percakapan jika dua orang sedang bertemu;

السَّلامُ عَلَيْكُمْ

“As-salaamualaikum”

Akan dijawab dengan :

وَ عَلَيْكُمْ السَّلامُ

Dibaca :

Wa `alaikumus salaam”

Pembaca bisa perhatikan cara melafaldkannya, kebanyakan orang akan menjawab salam dengan “Wa alaikum salam (bukan wa `alaikumus salaam), jika kita melafaldkanya demikian maka ada yang tidak terbaca pada kataالسَّلامُ “ yaitu “Al”. Maka kalau kita melafaldkannya dengan “Wa alaikum salaam“ maka eja’an dalam bahasa arabnya akan seperti ini :

وَ عَلَيْكُمْ سَلامٌ

Padahal yang seharusnya adalah

وَ عَلَيْكُمْ السَّلامُ

Dalam kajian kaidah bahasa arab atau yang dikenal dengan ilmi nahwu, ada perbedaan antaraسَلامٌ danالسَّلامُ “ yang tidak didahului “Al” dan bertanwin disebut “Isim Nakirah” sedang yang didahului dengan “Al” disebut “Isim Ma`rifah”. Tentang kedua istilah ini insya Allah akan dibahas pada materi yang lain.

Dalam ajaran islam memulai salam hukumnya sunnah, sedang menjawabnya adalah wajib. Contoh diatas adalah jawaban yang standar. Jika ingin lebih utama maka bisa dengan :

وَ عَلَيْكُمْ السَّلامُ وَ رَحْمَة ُ اللهِ

Wa `Alaukumussalaam warahmatullah

Jika ingin lebih sempurna lagi

وَ عَلَيْكُمْ السَّلامُ وَ رَحْمَة ُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

Wa `Alaikumussalaam warahmatullahi wa barakaatuh

Adanya tambahan dalam menjawab salam, adalah merupakan satu kebaikan tersendiri, karena ketika seseorang sedang mengucapkan salam kepada kita sesunguhnya dia sedang mendoakan agar kita diberi keselamatan dan kesejahteraan. Doa adalah satu kebaikan maka membalas kebaikan dengan kebaikan yang lebih adalah satu keutamaan, maka kita menambahkan dalan jawaban doa kita dengan semoga Allah memberi rahmat dan memberkahi.

Demikian materi pertama yang sangat sederhana ini, semoga berguna bagi siapapun yang mulai mempelajari bahasa Arab. Semoga kiranya Allah swt memudahkan kita dalam mempelajari bahasa ini.