Mencintai Masjid

0
48 views

gulfnews.comSaat ini -khususnya di ibu kota-, masjid begitu mudah kita temui. Ketika belum lama kita berjalan melewati suatu masjid, akan kembali kita temui masjid lain yang berjarak tidak begitu jauh dari sebelumnya. Di Jakarta saja, terdapat 2.838 masjid  dan  5.661 mushalla (masjid berukuran kecil). Bila jumlah tersebut ditambah dengan jumlah masjid perkantoran, masjid pasar, masjid kampus dan sekolah, maka total jumlah masjid di DKI Jakarta sekitar 4000 buah masjid (sumber: BKM Kanwil Depag Provinsi DKI, 2004).

Selain itu, bukan saja bentuknya yang cukup besar, pembangunan masjid seolah-olah berlomba-lomba dalam kemegahan. Selalu saja ada dana untuk membangun tempat peribadatan dari umat mayoritas di negeri ini tersebut. Kalaupun tidak ada dana, demi pembangunan masjid mereka rela turun kelapangan meminta sumbangan kepada warga maupun kepada para pemakai jalan di sekitar lokasi masjid. Kondisi seperti ini dilakukan seakan-akan menjadi bukti kecintaan mereka terhadap masjid.

Namun ironisnya, pesatnya pembangunan masjid tidak diiringi dengan pemakmurannya. Kecintaan umat ini terhadap masjid masih perlu dipertanyakan lagi. Masih banyak ditemukan masjid megah tetapi sepi jamaah. Bahkan ada masjid yang seringkali jamaahnya lebih banyak diisi oleh orang-orang yang terlibat pada pembangunannya saja. Kalaupun ramai jamaah, tapi sepi kegiatan. Ada pula warga yang sekadar datang ke suatu masjid untuk melihat kemewahan masjid tersebut layaknya rekreasi.

Kalau saja kita sebagai umat Islam memiliki perhatian dan kecintaan terhadap masjid, akan membuat kita memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap pemakmurannya, bukan cuma pengurus masjidnya saja. Oleh karena itu, buku berjudul Mencintai Masjid karya Drs. H. A. Yani ini hadir untuk mencoba memandu kita dan membahas persoalan seputar mencintai dan memakmurkan masjid.

Dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini membahas seputar:

·          Bagaimana Mencintai Masjid

·          Profil Masjid Ideal

·          Alternatif Ta’lim di Masjid dan Teknis Penyelenggaraannya

·          Pengelolaan Perpustakaan Masjid

·          Komunikasi Kemasjidan

·          Pendataan Jamaah masjid

·          Pengelolaan Dana Masjid

·          Jaringan Kerjasama Masjid

·          Peran dan Fungsi Imam Masjid

·          Tugas Imam Masjid

·          Profil Imam Masjid

·          Tata Cara Shalat Berjamaah

Buku setebal 110 halaman ini terlihat seperti buku panduan berukuran saku yang tidak hanya berguna bagi aktivis dan pengurus masjid, tapi juga untuk kaum muslimin pada umumnya. 

Penulis lewat bukunya ini mengajak kita untuk memiliki hati yang merasakan cinta dan terpaut kepada masjid, hingga menjadi salah satu kelompok yang dinaungi Allah pada hari kiamat kelak. Rasulullah saw bersabda: 

Ada tujuh golongan orang yang akan dinaungi Allah yang pada hari itu tidak ada naungan kecuali dari Allah…..seseorang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid ketika ia keluar hingga kembali kepadanya. (HR Bukhari dan Muslim)

Selengkapnya mengenai buku ini, klik http://tinyurl.com/22vqf5n

 

BAGI
Artikel SebelumnyaKemuliaan Perempuan
Artikel BerikutnyaMenghadapi Rasa Cemburu