Melawan Pemikiran Orientalis

0
11 views
Sejak terjadinya Perang Salib yang dimulai pada tahun 1095 M, ada sebagian tokoh Kristen yang menilai bahwa perang fisik merupakan cara yang tidak tepat untuk menaklukkan kaum Muslim. Salah satu tokoh terkenalnya adalah Peter The Venerable atau Petrus Venerabilis (1094-1156 M). Peter adalah tokoh Misionaris yang mencoba merancang bagaimana menaklukan Islam dengan pemikiran, bukan dengan senjata. Menghancurkan Islam melalui pemikiran inilah yang lazim disebut dengan Ghazwul Fikri. Istilah ini berasal dari bahasa Arab yang secara literal berarti “perang pemikiran.”  

 

www.nuansaislam.com/infobukuDalam bidang Islamic studies, ghazwul fikri berada dibalik orientalisme. Orientalisme secara etimologi berasal dari bahasa latin orient yang artinya mempelajari dan mencari sesuatu. Kata orient ini berubah menjadi istilah Orientalisme di dunia Eropa sebagai studi kajian tentang dunia Timur.

 

Meskipun kita akui bahwa tidak semua orientalis memusuhi Islam dan memiliki bias dalam memandang Islam, tetapi tidak dapat diingkari bahwa realitas produk-produk pemikiran orientalis maupun beberapa pengikutnya di negeri muslim perlu diwaspadai sebagai bagian dari ghazwul fikri  yang membahayakan bagi aqidah kaum muslimin. Dan salah satu orientalis yang telah melakukan kajian yang intens serta produk pemikirannya dapat memberikan keragu-raguan terhadap keyakinan umat islam adalah Ignaz Goldziher.

 

Dalam buku Difaa’ ‘an Al-Aqiidah wa Al-Syarii’ah Dhidd Mathaa’in Al-Mustasyriqiin ini, Al-Syaykh Muhammad al-Ghazaaliy mampu melawan pemikiran Goldziher dengan argumentasi yang memikat dan dengan bahasan yang cukup mendetail seputar aqidah dan syari’ah Islam.

 

 Judul buku       : دفاع عن العقيدة والشريعة ضد مطاعن

                                              المستشرقين                                                       

Pengarang       : Muhammad Al-Ghazaaliy

Penerbit           : Nahdhah Al-Misr

Tahun              : Mei 2002

Bahasa            : Arab

Volume             : 232 halaman

Dimensi            : 17×24 cm

 ISBN                : 977-14-1822-X

 

Info selengkapnya mengenai buku ini, silahkan mengunjungi IDLA (Ikhlas Digital Library of Al-Qur’an), Jl. K.H. Fakhruddin no.6 Tanah Abang Jakarta Pusat, telp. 021-3912369.