Materi Khutbah Sistematis

0
21 views

info bukuSaat ini, khutbah Jum’at masih menjadi media untuk berdakwah yang cukup efektif. Hal ini karena khutbah Jum’at disampaikan pada tempat, waktu, dan jama’ah yang relatif tetap serta memiliki intensitas pelaksanaan yang rutin setiap pekannya.

Namun, pada pelaksanaannya khutbah Jum’at kadang tidak menimbulkan kesan pada jama’ah, apalagi sampai mengubah pikiran maupun motivasi beramal dalam beribadah.

Beberapa kendala memang sering dihadapi oleh jama’ah untuk dapat menyerap khutbah dengan baik, seperti kondisi jama’ah yang harus menahan kantuk di siang hari serta kondisi tubuh yang mulai lelah setelah bekerja dari pagi hari.  Ditambah lagi, bagi seorang pekerja kantoran yang terpecah konsentrasinya karena waktu istirahat yang terbagi antara sholat Jum’at, makan siang, dan persiapan untuk beraktivitas kembali.

Kendati saat ini adalah bulan Ramadhan yang mana kondisi keimanan para jama’ah dalam keadaan relatif “naik”, justru kondisi fisik mereka malah terlihat menjadi kendala utama untuk dapat menerima materi khutbah dengan baik.

Karena itu, sudah semestinya para khotib yang menyampaikannya dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik supaya dengan mudah dapat dipahami oleh jama’ah. Para khotib idealnya bisa berkhutbah dengan menarik, singkat, padat, sistematis dan menyentuh jiwa serta akal pikiran agar jama’ah tergerak untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.

Selain itu, materi pun diharapkan tidak disampaikan dengan bertele-tele sehingga sulit dipahami oleh jama’ah. Untuk itulah, kehadiran buku berjudul Khutbah Jum’at Sisitematis karya Drs. H. Ahmad Yani ini dinilai sangat membantu para khotib dalam menyiapkan materi khutbahnya. Buku ini ditulis oleh seseorang yang boleh dibilang pakar di bidangnya karena setidaknya sudah 29 buku yang bertemakan dakwah dan khutbah Ju’mat yang ditulisnya.

Ada sekitar 54 materi khutbah yang dimuat dalam buku ini yang kesemuanya merupakan jenis khutbah berangka, seperti Tiga Amal yang Utama, Tiga Perkara agar Hati Tidak Dengki, Empat Kenikmatan Ibadah, dan sebagainya.

Selain untuk dijual bebas, buku ini juga dicetak dengan edisi gratis untuk disedekahkan kepada para khotib di kampung-kampung atas sumbangan biaya produksi dari para donatur, baik secara pribadi maupun kelembagaan. Hal ini dilakukan mengingat kebutuhan akan materi khutbah yang sistematis seperti ini sangat dibutuhkan oleh para khotib di daerah,  terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan sumber materi khutbah di daerahnya karena keterbatasan dan berbagai kendala yang mereka hadapi.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendonasikan buku ini, silakan menghubungi redaksi atau langsung ke no. 0812-9021953 atau email ayani_ku@yahoo.co.id.

 

Judul Buku         : Khutbah Jum’at Sistematis

Penulis              : Drs. H. Ahmad Yani

Penerbit             : Khairu Ummah

Tahun terbit       : 1432 H/ 2011

Volume              : 522 halaman