Manfaat Kesehatan dalam Ibadah

0
18 views

info bukuSebagai insan yang hidup di era pengetahuan yang terus berkembang, selain mengimani dan melaksanakan ajaran Islam, banyak kaum muslimin yang juga berusaha menyingkap rahasia di balik diwajibkannya ibadah seperti sholat, puasa, zakat, haji, dan lainnya. Untuk itu, dilakukanlah berbagai macam penelitian oleh para pakar, terutama  yang berkenaan dengan aspek kesehatan atau medis dalam pelaksanaan ibadah, baik itu kesehatan rohani maupun fisik.

Dalam proses pencarian, kehadiran literatur yang menjadi rujukan pun dirasakan sangat diperlukan keberadaanya  bagi mereka yang bukan dari kalangan ahli medis namun ingin mengetahui hikmah dan manfaat kesehatan dalam ibadah. Maka, buku yang berjudul Buku Induk Mukjizat Kesehatan Ibadah ini dinilai pas untuk dijadikan referensi dan sumber pengetahuan tentang hal ini.

Secara detail buku ini menguraikan segala hal yang berkaitan dengan aspek medis ibadah baik itu wudhu, shalat, puasa, zakat, haji, sedekah, zikir, maupun bacaan al-Qur’an. Menurut penulis, Dr. Jamal ElZaky, Faedah-faedah ibadah yang beliau paparkan dalam karya ini telah banyak dianalisis dan diteliti secara ilmiah oleh para ilmuwan.

Dalam buku setebal 561 halaman ini penulis secara ilmiah dan didukung dengan dalil-dalil qur’an serta hadis yang ada, berusaha menjawab beberapa pertanyaan seperti apa keajaiban bersuci––seperti berwudu––untuk menjaga kesehatan tubuh, juga kesehatan jaringan saraf, dan organ-organ tubuh lainnya? Apa faedah shalat bagi kesehatan raga dan jiwa? Apa rahasia pembagian shalat lima waktu bagi perputaran jam biologis dan sistem metabolisme tubuh? Apa rahasia gerakan shalat ditinjau dari berbagai aspek medis, seperti kesehatan sistem pencernaan, pernapasan, jaringan saraf dan otak, dan sistem kekebalan tubuh?

Pada awal bab dari buku terjemahan yang aslinya berjudul Fushuul Fii Thibb al-Rasul ini, penulis dengan panjang lebar membahas bagaimana iman memengaruhi fungsi otak dan jaringan saraf yang pada gilirannya memengaruhi ketenangan jiwa dan kesehatan tubuh.

Tidak ketinggalan, penulis juga banyak mengutip pendapat-pendapat para ilmuwan yang membawanya pada kesimpulan bahwa adanya hubungan yang tak terpisahkan antara keimanan dan kesehatan jiwa. Di antaranya adalah ungkapan dari Dr. Newberg yang mengatakan bahwa adanya pengaruh yang tegas antara ibadah dan kesehatan jiwa. Gejalanya dapat kita amati dari perubahan detak jantung, tekanan darah, perubahan hormon, dan mekanisme tubuh lain yang semuanya bekerja sama untuk menciptakan ketenangan dan kenyamanan jiwa. Dan ternyata semua kondisi itu meningkatkan kekuatan sistem pertahanan tubuh dari serangan aneka penyakit.

Selanjutnya, penulis juga mengungkap aspek medis yang terdapat dalam shalat. Menurutnya, shalat tidak hanya menyucikan dan melindungi jiwa manusia dari keburukan, tetapi juga melindungi tubuh manusia dari penyakit lahiriah. Hal ini juga sejalan dengan pendapat Ibn al-Qayyim, ” Sesungguhnya dalam gerakan berdiri, sujud, dan rukuk, terdapat penyembuh yang paling manjur.”

Diantara faedah shalat yang diuraikan dalam buku ini adalah bagaimana shalat dapat menjaga kesehatan tulang dan persendian, pengaruh shalat terhadap kesehatan paru-paru, bagaimana shalat dapat mencegah dan menyembuhkan varises, shalat dengan khusuk dapat meringankan rasa sakit dan mampu meningkatkan fungsi otak depan (Lobus Frontal), dan sebagainya.

Buku yang kaya akan perpaduan kandungan al-Qur’an, hadis, perkataan ulama, hingga ilmuwan modern ini, berhasil membuat kita mengetahui secara lebih jelas fungsi medis dalam berbagai ibadah yang selama ini kita lakukan.

Pada akhirnya, semua ibadah yang disyariatkan oleh Allah kepada manusia sejatinya dapat meningkatan kualitas akhlak dan memperbaiki perilaku umat, serta menyucikan jiwa dan ruh. Namun, meskipun ibadah memiliki berbagai faedah lahiriah, sebagai muslim tak semestinya kita dipalingkan dari tujuan utama ibadah, yaitu mendapatkan ridha Allah swt.

Judul Buku     : Buku Induk Mukjizat Kesehatan Ibadah

Penulis          : Dr. Jamal Elzaky

Penerbit        : Zaman

Cetakan ke    : I, 2011

Volume          : 561 halaman