Mandi Sebelum Subuh

0
47 views

pagiBeliau ini, teman-teman sebayanya, semuanya sudah wafat, sekarang umurnya sudah hampir sembilan puluh tahun tapi coba lihat beliau masih sangat bugar. Demikian sahabat saya membuka pembicaraannya ketika terlihat mertuanya melintas di halaman rumahnya. Waktu itu kami sedang bercengkerama di teras depan rumah. Beliau itu aneh…  Beliau kelihatan diam seperti orang cuek, namun kalau kita yang lebih muda memulai menyapa lebih dulu, maka beliau akan membuka dirinya dan akan bercerita tentang banyak hal. Saya tertarik untuk mengenal beliau lebih dalam, ada beberapa hal yang ingin saya ketahui dari beliau,

terlebih ketika sahabat saya itu mengatakan bahwa beliau hampir setiap harinya menengok beberapa tanaman yang tumbuh di tanah yang dimilikinya, yang terbilang lumanyan luas untuk ukuran hari ini, beliau akan memetik apa saja yang bisa dibawanya ke pasar untuk dijual; kadang daun pisang, buahnhya jika ada yang sudah mulai masak, kadang juga nangka atau daun ubi, ubinya, papaya dan kadang tales yang juga tumbuh disela-sela pohon yang lain.

Assalamualaikum… demikian aku mulai menyapanya dan segera berjabat tangan dengan beliau sambil mendekatkan hidungku ke tangan beliau… terasa genggaman tangannya masih terasa penuh tenaga, dan terlihat berisi walau tidak terlalu kekar.

Lama kami bercengkerama, banyak hal yang beliau ceritakan, mulai beratnya hidup dimasa remaja, susahnya makan nasi di zaman penjajahan dulu, baju yang dipakainya dari kain karung goni,  sampai ketika beliau bekerja dibawah kepeminpinan orang jepang yang katanya begitu disiplin, dan karena kinerja beliau yang baik dimata orang jepang itu, sampai belian dapat SK kenaikkan pangkat dua kali dalam setahun. begitu beliau berhenti sejenak saya langsung bertanya,

“Pak Haji, sudah tua tapi tampak masih sangat bugar apa rahasianya ? apa ada hal-hal khusus yang selalu bapak lakukan ?”

“Dulu pernah ketika makan diwarung, pas ada pak Camat, dia juga bertanya dengan pertanyaan yang sama, Saya bilang, Waah ada rahasianya , datanglah ke rumah, ntar saya kasih tahu rahasianya”

Saya tidak sabar, danlangsung bertanya, “Jadi apa rahasianya Pak Haji”

“Intinya adalah jangan tinggalin sholat fardhu, dan lakukan sholat sunnah, tiap hari baca quran dan berdzikir serta jaga hati agar mudah memaafkan “. Sahabat saya tiba-tiba menyela, “Bapak itu satu bulan hatam tiga kali minimal”.

Saya bersyukur mendengar jawaban beliau, rasanya ini adalah nasehat yang sangat menyentuh, Namun saya masih penasaran, saya masih menduga ada rutinitas lain yang mempengaruhi kebugarannya. Saya jadi teringat ada seorang ustad yang pernah bilang, “Saya ketemu dengan tiga orang yang usianya sangat tua, diatas 100 tahun, dan masih terlihat bugar, ketiga-tiganya punya kebiasaan mandi sebelum shubuh”.  Saya seperti berharap mendapatkan jawaban yang sama dari Pak Haji tentang kebiasaan mandi sebelum shubuh.

“Kalau olah raga yang sering, apa Pak Haji ? Saya kembali bertanya namun beliau hanya mengatakan, “Ah… biasa-biasa aja, paling mondar-mandir rumah ke masjid, rumah kebun dan pasar”.

“Kalau mandi sebelum subuh Pak Haji ?, “Waah… sehari saya mandinya tiga kali, Pertama sebelum shubuh dan mensti mengguyur kepala, Kedua sebelum sholat dhuhur, dan yang ketiga mandi sore biasa”.

Satu lagi nih…. Orang yang gemar mandi sebelum shubuh dan bugar di usia tua. Ini menjadi masukan buat kita untuk lebih menkaji tentang pengaruh mandi sebelum shubuh terhadap kesehatan dan kebugaran kita. Tentang panjang usia, tentunya kita meyakini bahwa masing-masing orang ditakdirkan berbeda panjang usianya, namun kita juga menyakini bahwa kita mesti berupaya untuk menjadi bugar agar bisa melakukan banyak kebaikan dimuka bumi ini.

Ternyata memang ada yang pernah mengkaji pengaruh bangun pagi pada kesehatan.  Adalah Dr. Abdul Hamid Dayyat dan Universitas Kairo, Mesir, beliau menjelaskan bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh  seseorang dengan  bangun pagi. Diantaranya, bahwa gas O3 di udara sangat melimpah di waktu fajar, kemudian berkurang sedikit demi sedikit, dan akan habis ketika matahari terbenam. Gas O3 mempunyai pengaruh yang positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar yang dinamakan udara pagi, dia merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya diwaktu manapun, baik siang atau malam”. demikian ditulis dalam tabloid bekam.

Nah orang yang gemar mandi sebelum shubuh, sudah barang tentu bangunnya lebih awal, tidak cuma udara bersih yang akan menyegarkan tubuhnya tapi juga segarnya air yang tersentuh oleh udara bersih itu akan menambah kebugarannya. Sementara itu beberapa hasil penelitian, menyimpulkan sebaiknya seseorang membiasakan mandi pagi dengan air dingin. Sebab, sedikitnya ada 7 manfaat mandi pagi dengan air dingin:

1. Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah

Menurut hasil penelitian sebuah Lembaga Riset Trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi kita sebagai bekal untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

2. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih

Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

3. Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi

Mandi air dingin juga menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

4.Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan

Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita, yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

5.Mandi pagi memperbaiki kesehatan jaringan tubuh

Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal. Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

6. Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat

Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

7. Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi

Mandi pagi dengan air dingin biasa juga berpengaruh pada jiwa, yaitu menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan memberikan semangat menjalani aktifitas sehari-hari.

Terkadang orang merasa khawatir mandi dengan air dingin di saat udara sedang dingin, ada yang khawatir terserang rematik, atau merasa memang dirinya tidak tahan dengan dinginnya air atau karena memang belum terbiasa. Ada seorang terapis yang memberikan sarannya, bahwa salah satu cara yang baik untuk memulai mandi dengan kondisi diatas, dengan tidak langsung mengguyur kepala atau badan dengan air dingin, melainkan mulailah secara perlahan dengan mengguyur ujung kaki, sedikit demi sedikit naik ke lutut biarkan beberapa menit, terus sampai pinggang dan selanjutnya keseluruh tubuh, dengan cara ini insya Allah tubuh akan lebih sehat bahkan dengan izin Allah secara perlahan dapat menyembuhkan rematik. Demikian nasehat seorang terapis sekaligus pegiat bela diri itu. Betapa menyegarkanya jika kita telah bangun sebelum fajar, sempat berqiyamullail, mandi sebelum shubuh dan kemudian keluar rumah menuju sholat jamaah di masjid. Insya Allah membuka hari dengan seperti ini akan lebih membahagiakan diri.

BAGI
Artikel SebelumnyaHukum Semir Rambut
Artikel BerikutnyaDo’a Menjelang Tidur