Manajemen Harta

0
51 views

infobuku/nuansaislam.comSecara prinsip, harta dalam Islam merupakan amanah. Setiap kita, sebagai seorang muslim, seharusnya meyakini bahwa pasti ada audit dan pengawasan dari Allah SWT di hari pembalasan nanti yang berkaitan dengan harta. Dan, pertanggungjawaban kita yang berhubungan dengannya di hadapan Allah kelak adalah dari mana kita memperolehnya dan untuk apa dibelanjakan.

 

“Kedua telapak kaki seorang hamba tidak akan beranjak dari tempat kebangkitannya di hari kiamat sebelum ia ditanya tentang empat hal, di antaranya tentang hartanya; dari mana dia memperoleh dan bagaimana ia membelanjakan.” (HR. Tirmidzi)

 

Harta yang Allah anugerahkan kepada kita setidaknya memiliki beberapa kedudukan dan peranan dalam kehidupan kita. Selain sebagai amanah, harta juga merupakan perhiasan hidup, ujian keimanan, serta pilar kehidupan dimana harta adakalanya kita butuhkan dalam menjalankan perintah-Nya seperti ibadah haji dan bersedekah, ataupun sekadar untuk membeli pakaian dalam rangka melaksanakan perintah menutup aurat.

 

Sepintas, masih jarang kita temukan literatur keislaman yang membahas khusus tentang bagaimana seharusnya seorang muslim mengelola harta yang ia miliki. Sehingga, banyak teori-teori manajemen harta dan keuangan lebih bergairah dan berkembang dalam ilmu-ilmu ekonomi barat. Padahal, Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah mengajarkan kita bagaimana mengelola keuangan yang sesuai dengan tuntunan-Nya.

 

Buku Manajemen Harta karya Drs. H. A. Yani ini setidaknya disusun untuk memandu kita dalam mengelola harta yang telah Allah amanahkan kepada kita. Buku dengan ukuran saku yang simple namun padat ini, cukup detail membahas mengenai prinsip penggunaan harta, prinsip etos kerja muslim, etika bisnis, dan prinsip-prinsip pengelolaan harta lainnya yang diatur dalam Islam. Sebagai contoh, dalam membahas prinsip penggunaan harta, beliau menguraikan lima prinsip yang berkenaan dengan hal tersebut, yaitu pertama, gunakan harta untuk kebutuhan primer. Kedua, melakukan penghematan dalam penggunaan harta. Ketiga, menginfakkan harta di jalan Allah. Keempat, tidak menggunakan harta yang akan merusak akhlak, baik akhlak diri sendiri, keluarga maupun masyarakat, Kelima, menabung.

 

Sebagai seorang dai, penulis yang juga Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Dakwah (LPPD) Khairu Ummah, Koordinator Majelis Da’i Paguyuban Ikhlas, serta Pengurus Koordinasi Dakwah Islam (KODI) ini, berusaha mengingatkan kepada para pembaca agar tidak lupa kepada Allah swt dalam kaitan dengan harta. Terlebih lagi di tengah maraknya isu korupsi di negeri ini -yang berarti semakin banyaknya penyelewengan harta yang telah Allah amanahkan kepada bangsa ini- ada baiknya buku ini kita jadikan rujukan sehingga meminimalisir praktik tidak terpuji seperti ini. Amin

 

Judul Buku        : Manajemen Harta 

Pengarang         : Drs. H. A. Yani

Penerbit            : LPPD Khairu Ummah

Tahun               : 2008

Volume            : 132 halaman

BAGI
Artikel SebelumnyaFitriah, S.Hum.
Artikel BerikutnyaMasjid-Masjid di Eropa