Logika Agama; Kedudukan Wahyu dan Batas-batas Akal dalam Islam

0
51 views

Logika Agama - Quraish ShihabPersoalan akal dan wahyu merupakan salah satu tema klasik dalam wacana keilmuan Islam. Pemikir sekaliber Ibn Sina dan Al-Ghazali pun turut memperbincangkannya. Banyak sekali ayat-ayat Al-Quran yang mendorong setiap Muslim untuk memaksimalkan penggunaan akalnya. Jika demikian, apakah banyaknya anjuran semacam itu berbanding lurus dengan kemampuan akal untuk menjangkau seluruh dimensi ajaran Islam?


Buku Logika Agama ini merekam gejolak pemikiran M. Quraish Shihab muda ketika sedang menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Di dalamnya dibicarakan tentang:

  • Perubahan dan Evolusi
  • Islam dan Akal
  • Jalan Pencerahan Diri

Banyak orang yang sebenarnya berotak jenius masih ragu menggunakan akalnya karena takut melanggar batas yang dibolehkan agama. Tapi banyak pula orang yang begitu yakin dengan kemampuan akalnya sehingga mematok kemasukakalan sebagai ukuran diterima-tidaknya suatu ajaran agama.

Buku ini menyajikan pemahaman yang seimbang seputar kedudukan agama pada satu pihak, dan peranan akal dalam membangun sikap keberagaman yang benar pada pihak lain. Apa kemungkinan-kemungkinan yang bisa dijangkau akal untuk mempertemukan tuntunan agama pada satu pihak dan tuntutan zaman pada pihak lain. Dan bagaimana pelbagai perubahan yang terjadi harus disikapi dengan sudut pandang dan cara yang dibenarkan agama.

Anda akan tercengang karena persoalan yang tergolong pelik tersebut disajikan dengan renyah, sederhana, dan mudah dipahami. Apalagi format pembahasannya dikemas dalam bentuk dialog. Ini tentunya tidak lepas dari kepiawaian dan penguasaan penulis, yang tidak diragukan lagi, terhadap materi yang dibicarakan.

 

Judul Buku     : Logika Agama; Kedudukan Wahyu dan Batas-batas Akal dalam Islam

Penulis          : M. Quraish Shihab

Penerbit        : Lentera Hati

Volume         : 233 halaman