Lebih Dekat dengan Minyak Zaitun

0
51 views

Selesai pengajian, ketika sebagian jamaah yang hadir telah meninggalkan majlis, ada beberapa orang sambil menikmati makanan yang dihidangkan mereka bercengkrama, banyak tema yang mereka singgung, salah satu dari mereka menceritakan kondisi ibunya yang selama ini memang sedang sakit, ia tercetus menceritakan ini karena terpancing oleh bahasan seputar minyak yang di konsumsi manusia. Demikian ia mulai bercerita, “Sesungguhnya sudah lama saya belikan untuk ibu saya minyak zaitun, saya bilang ada sekian banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, namun ibu tanpaknya tidak menanggapi dengan serius, beliau mendengarkan sekali lewat saja, jadi sekian lama minyak itu hanya teronggok saja di meja.

minyak zaitunMungkin bukan murni Karena tidak percaya dengan yang saya sampaikan, munkin juga kerena ibu pada setiap harinya sudah mengkonsumsi sekian banyak pil dan kapsul sebagai obat harian yang dianjurkan dokter, jadi kalo ditambah lagi mengkonsunsi zaitun dalam kemasan kapsul berarti menambah lagi jumlah yang harus diminumnya pada setiap hari. Selama ini beliau ada gangguan pada organ dalam beliau sehingga berdampak pada tangan dan kaki yang sering kesemutan, dada sering berdebar-debar dengan kondisi nafas yang tidak teratur.

Mungkin karena capek minum obat namun dampaknya kurang terasa, maka ibu mulai mencoba apa yang saya sarankan, suhbanallah, walhamdulillah sekarang kesemutan di tangan dan di kaki yang sering beliau keluhkan tidak lagi muncul, beliau sudah bisa beraktifitas biasa dengan baik. Jadi ternyata sangat baik mengkonsumsi minyak zaitun, demikian salah seorang jamaah menceritakan kondisi ibunya yang punya pengalaman manis dengan minyak zaitun.

Memang benar adanya minyak zaitun memang sudah dikenal berkhasiat baik bagi manusia sejak masa lampau, bahkan konon yang termasuk kegemaran Cleopatra demi menjaga kondisi tubuhnya adalah minyak zaitun.  

Minyak yang satu ini termasuk yang dianjurkan oleh Rasulullah saw sebagai minyak oles. Dan ternyata enam belas pakar kedokteran ternama dunia pernah melakukan pertemuan di Roma, tepatnya pada tanggal 21 April 1997 M,  pertemuan ini terjadi demi membahas dan menerbitkan rekomendasi bersama seputar Minyak Zaitun. Mereka memberikan penegasan bahwa mengkonsumsi minyak Zaitun akan memberikan andil dalam memberikan proteksi dari penyakit jantung coroner, peningkatan kolesterol dalam darah, darah tinggi, diabetes serta kegemukan, ia juga melindungi dari penyakit-penyakit kanker.

Minyak zaitun dan kolesterol

Berbagai penelitian memberikan penegasan yang tidak diragukan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan tingkat kolesterol secara menyeluruh dan kolesterol yang menbahayakan tanpa meninggalkan dampak negative pada kolesterol yang berguna.

Minyak Zaitun dan pemakaian obat penurun tekanan darah tinggi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Aldo Ferara di Universitas Napoli, Italia dan diterbitkan di majalah Archives of International Medicine, 27 Maret 2000 M. penelitian ini dilakukan kepada 23 penderita tekanan darah tinggi yang senantiasa mengkonsumsi obat. Hasil yang didapatkan adalah bahwa ada penurunan tekanan darah dengan kadar tujuh poin pada mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun.

Minyak Zaitun dan Kangker

Prof. Asman, ketua Lembaga Penelitian Pengerasan Pembuluh Darah Universitas Monester, Jerman. Seorang peneliti ternama dunia dalam bidang kedokteran dan pengerasan pembuluh darah. Ia mengatakan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dapat melindungi dari berbagai penyakit kanker, diantaranya kanker usus besar, kanker rahim, kanker indung telur.

Minyak Zaitun dan Kanker Payudara

Sebuah penelitian yang diujikan kepada 2564 wanita penderita kanker payudara, disimpulkan bahwa ada hubungan timbal balik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dan konsumsi minyak zaitun. Dan banyak mengkonsumsi minyak ini memiliki andil dalam melindungi diri dari penyakit kanker payudara.

Dalam sebuah kajian yang diterbitkan oleh majalah Archives of international Medicine, edisi Agustus 1998 M. menegaskan bahwa mengkonsumsi satu sendok makan Minyak Zaitun setiap hari dapat mengurangi bahaya terkena penyakit kanker payudara dengan prosentasi mencapai 45%.

Minyak Zaitun dan Kangker Rahim

Pada bulan Mei 1996 M, majalah kangker Inggris memplubikasikan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 wanita yahudi penderita kangker rahim. Dalam penelitian itu terkuak hasil bahwa mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit terkena kangker rahim, dan penurunan kemungkinan terkenanya sanpai 26%.

Minyak Zaitun dan Kangker Kulit

Majalah Dermatdoog Times, pada edisi Agustus 2000, menyebutkan sejumlah penelitian bahwa mengoleskan minyak zaitun pada beberapa bagian tubuh setelah berenang atau berjemur di bawah terik matahari bisa melindungi dari resiko terkena penyakit kanker kulit.

Minyak Zaitun dan Luka pada Lambung

Dr. Smoot dari Universitas Howard, Amerika. Mengemukakan sebuah penelitian pada konferensi akhir yang diselenggarakan oleh Lembaga Amerika untuk Penanganan Penyakit-penyakit Alat Pencernaan, pada oktober 2000. Ia menegaskan bahwa makanan yang mengandung minyak Zaitun ini memiliki pengaruh yang berguna dalam perlindungan dari penyakit kanker perut dan mengurangi resiko lika pada lambung.

Minyak Zaitun dan Ibu Menyusui

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 1996 di Universitas Barcelona, Spanyol. Penelitian dilakukan terhadap 40 ibu menyusui, dari masing-masing mereka diambil sempel asi dan diteliti ternyata bahwa kandungan lemak terbesar dalam Asi berasal dari jenis lemak istimewa yang menyebabkan rasa kenyang, dan lemak jenis ini termasuk jenis lemak yang semestinya dikonsumsi oleh manusia. Inilah jenis kandungan lemak dalam minyak zaitun yang sudah sama-sama dikenal.

Minyak Zaitun dan Radang Persendian

Majalah Amj Clin Nutr, pada edisi Novenber 1999, memplubikasikan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 pasien penderita penyakit persendian, semacam radang persendian di selatan Yunani, ini dibandingkan dengan 108 orang yang sehat, ternyata dari penelitian tersebut membuahkan satu kesimpulan bahwa mengkonsumsi minyak Zaitun memiliki peran dalam melindungi dari resiko terkena penyakit radang persendian.  

Minyak Zaitun dan Kutu Rambut

Berbagai penelitian yang dilakukan di Universitan Amerika dan Lembaga-lembaga yang menangani masalah kutu rambut, mengemukakan bahwa begitu minyak Zaitun diletakkan di kepala yang terkena kutu, tak lama kemudian akan mematikan kutu yang bersarang di kepala.

Ternyata salah satu daerah yang banyak ditumbuhi pohon-pohon zaitun dan tumbuh dengan subur yang tentunya banyak menghasilkan minyaknya adalah di Palestina, sebuah negeri yang disana terbangun Masjidil Aqsa. Disinilah pohon yang menyimpan banyak kebaikan buat manusia banyak tumbuh. Subhanallah kita jadi teringat Firman Allah di awal Surah Al-Isra.

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Masjid al-Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Al-Isra` : 1)

 

Sebagai tambahan pengetahuan kita tentang manfaat Minyak Zaitun, inilah manfaat lainnya:

1. Mencegah penyakit jantung
Medical Science Monitor melaporkan bahwa dengan mengkonsumsi 2 sendok makan Minyak Zaitun setiap hari dapat menurunkan kadar Kolestrol LDL (kolestrol jahat)

2. Anti Inflamasi.
Konsumsi Minyak Zaitun secara teratur dapat mencegah asma. Ini dikarenakan lemak tunggal tak jenuh yang ada di dalam Minyak Zaitun digunakan oleh tubuh untuk memproduksi substansi untuk anti-inflamasi. Dengan mengurangi inflamasi maka dapat mengurangi & mencegah tingkat keparahan pada asma & arthritis.

3. Membantu mengurangi kehilangan kepadatan tulang (osteoporosis)
Sebuah test dilakukan kepada hewan yang dikondisikan seperti mengalami osteoporosis. Lalu dalam 3 bulan secara rutin diberikan Minyak Zaitun, dan hasilnya, 75% kepdatan tulangnya kembali. Angka kepadatan tulang yang kembali lebih tinggi 50% dibanding hewan yang diberikan minyak kacang & minyak lobak.

4.Membantu menurunkan lemak.
Sebuah test terhadap 8 orang pria kelebihan berat badan, mereka mengganti penggunaan lemak jenuh mereka dengan Minyak Zaitun. Seperti mentega diganti Minyak Zaitun. Tanpa mengubah pola makan mereka dan tidak menambah kegiatan olahraga mereka. Hasilnya, setelah empat minggu berat badan mereka turun 2.1 kg dan massa lemaknya berkurang 2.6 kg.

5.Untuk kulit yag sehat dan melembabkan kulit.
Banyak produk kosmetik, sabun, menggunakan Minyak Zaitun sebagai bahan Utamanya. Ini dikarenakan Minyak Zaitun dapat mencegah inflamasi dan juga kaya akan vitamin E serta polyphenol.

 

Sumber utama : Shahih thibbun Nabawi