Kursus Muballighah Angkatan I

0
24 views

Islam adalah agama dakwah. Bahkan Nabi Muhammad adalah seorang dai sepanjang hidup. Karena itu, ada ulama yang mengatakan bahwa tugas dakwah itu hukumnya fardhu ‘ain, yiatu wajib bagi setiap person umat Muslim. Tentu medan dan cara dakwah tidak satu macam, dan karena itu, tidak hanya dari mimbar.

Namun dakwah dari mimbar mempunyai keistimewaan tersendiri karena orasi atau penyampaian lewat lisan mempunyai kekuatan tersendiri dibanding pesan-pesan yang disampikan lewat media lain.

Orang sering lebih tergugah jika sebuah Hadits disampaikan dengan baik oleh seseorang daripada kita membaca sendiri Hadits tersebut dari buku atau artikel.

Dan kita tahu bahwa bentuk dakwah dalam Islam juga bisa disampaikan lewat cara-cara lain seperti, senyum, akhlak mulia, dan sebagainya.

Hanya saja, alangkah baiknya jika seorang dai, selain mampu berbicara dengan baik di mimbar juga mempunyai cara dakwah yang lain seperti lewat tulisan. Dengan kata lain, medan dakwah adalah medan yang sangat luas dan merupakan ladang pahala yang tidak akan berhentik mengalirkan berkah, baik bagi pendakwahnya, pendengarnya, maupun bagi kemanusiaan secara umum.

Majelis Dai Paguyuban Ikhlas melaksanakan sebuah program yang berkaidan dengan dakwah, yaitu Kursus Muballighah Angkatan I. Program ini menghkususkan untuk para muballigah atau perempuan pendakwah.

Kita tahu bahwa perempuan sebagai pendakwah mengalami perkembangan pesat dari segi jumlah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena memang medan dakwah semakin berkembang seiring perkembangan teknologi informasi. Sebagaimana kita tahu, teknologi informasi bisa menjadi wadah berkembanganya dakwah tetapi juga menjadi alat bagi berkembangnya kemaksiatan dan tindakan-tindakan amoral. Di sini lah dakwah menemui urgensinya.

Program kursus dakwah bagi para perempuan penting karena dalam agama Islam, ada saja hal-hal yang biasanya memang khas perempuan sehingga jarang terungkap jika pendakwahnya adalah laki-laki. Dalam sejarah kita mengenal bahwa peran perempuan sebagai penyampai pesan-pesan agama diperankan oleh Sayyidatuna Aisyah ra.

Kursus Muballighah Angkatan I ini dibuka hari ini, tanggal 1 Februari 2011 dan akan berlangsung setiap Selasa jam 13.00-17.00 selama 16 kali pertemun. Dari program ini diharapkan tersebar dakwah Islam yang baik, modern, terbuka, toleran, dan bersahabat.[]