Kursus Khatib dan Mubaligh

0
53 views

www.mediaislamnet.comDakwah secara lisan, khususnya melalui khutbah dan umumnya melalui ceramah dan taklim merupakan sesuatu yang sangat penting. Bahkan secara syari’ah, khutbah memang tidak bisa dipisahkan dari ajaran Islam itu sendiri. Sementara dalam tradisi dakwah, dakwah bil lisan sepertinya tidak bisa dipisahkan dari proses dakwah itu sendiri.

Karena itu, menghasilkan kader-kader khatib dan muballigh yang andal merupakan suatu keharusan, apalagi jumlah khatib dan muballigh dengan kualitas yang baik masih amat kurang bila dibandingkan dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Sekurang-kurang, ada tiga kriteria khatib dan muballigh yang ideal. Pertama, memiliki kepribadian yang shaleh. Kedua, memiliki wawasan keislaman, keilmuan dan kemasyarakatan yang luas. Ketiga, memiliki kemampuan berdakwah dengan baik.

Kearah itulah, salah satu program yang kami gulirkan adalah menyelenggarakan Kursus Khatib dan Muballigh Khairu Ummah. Kursus angkatan 28 berlangsung selama 16 kali tatap muka, tiap Sabtu jam 13.00-17.00 WIB mulai 2 Oktober 2010 di Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Dakwah (LPPD) Khairu Ummah, Jl. Sumbawa No 7 Menteng Jakarta Pusat.

Para peminat bisa mendaftarkan diri ke telp (021) 3920276. HP 08129021953 dengan biaya kursus sebesar Rp 400.000. Kursus ini membahas materi Retorika dan Komunikasi Dakwah, Fiqhud Dakwah dan Wawasan Islam dengan pemandu Drs. H. Ahmad Yani, H. Muhammad Haikal. S.Ag dan Muhendri Mukhtar (ay)