Kurma , anugerah yang membugarkan

0
45 views

kurma Direktur Klinik Konsultasi Gizi dan Klub Diet IPB , Dr. Hardiansyah MS, menuturkan bahwa kurma mengandung zat gizi yang nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang. Buah yang sangat menjadi kegemaran umumnya umat islam di bulan Ramadhan sebagai hidangan pembuka untuk buka puasa ini didalamnya juga mengandung protein dan gula alami yang sangat mudah untuk dicerna. betapa sangat pas jika Rasulullah menganjurkan untuk menjadikan kurma sebagai hidangan pembuka bagi yang berpuasa.

Allah swt banyak menyebut kurma dalam Al-Quran

Kurma termasuk buah yang banyak disebut di dalam al-Qur’an, sedikitnya ada 20 ayat yang menyebutkan pohon kurma atau buah kurma. Tentunya penyebutan yang berulang ini menunjukkan betapa buah ini memiliki banyak keistimewaan. Inilah beberapa ayat yang menyebut kurma ;  

وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآَتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan

وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلًا رَجُلَيْنِ جَعَلْنَا لِأَحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ أَعْنَابٍ وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا

“Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan bagi seorang di antara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon korma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang. (Al-Kahfi [18]: 32)

وَالْأَرْضَ وَضَعَهَا لِلْأَنَامِ فِيهَا فَاكِهَةٌ وَالنَّخْلُ ذَاتُ الْأَكْمَامِ

“Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk (Nya). Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang. ( Ar-Rahman [55] : 10-11)

فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” ( Ar-Rahman [55] : 68-69)

ثُمَّ شَقَقْنَا الأَرْضَ شَقًّا  فَأَنْبَتْنَا فِيهَا حَبًّا  وَعِنَبًا وَقَضْبًا  وَزَيْتُونًا وَنَخْلاً

“lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, (`Abasa [80]: 27-29)

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu .(Maryam [19]: 25)

وَفِي الْأَرْضِ قِطَعٌ مُتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاءٍ وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ فِي الْأُكُلِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir. (Ar-Ra`d [13] : 4)

يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُونَ وَالنَّخِيلَ وَالْأَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. ( An-Nahl [16] : 11)

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan. ( An-Nahl [16] : 67)

فَأَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهِ جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ لَكُمْ فِيهَا فَوَاكِهُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan, ( Al-Mukminun [23]: 19)

Apa Kata Rasulullah

Banyak riwayat yang dinisbatkan kepada Rasulullah saw yang mengambarkan keutamaan buah kurma ini, diantaranya

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلَا سِحْرٌ

“Barang siapa memakan tujuh butir kurma ajwah di pagi hari, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya pada hari itu.” (HR. Muslim dari Sa`ad bin Abi Waqqash).

الْعَجْوَةُ مِنْ الْجَنَّةِ وَفِيهَا شِفَاءٌ مِنْ السُّمِّ ..

“Kurma Ajwa itu dari syurga didalamnya ada kesembuhan dari rasun..” ( HR. At-Turmudzi

 

Bagi orang yang sedang berpuasa, beliau bersabda ;

“Apabila seorang dari kalian berbuka, maka hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya kurma itu berkah. Dan apabila dia tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Kandungan Kurma

Nutrisi : Air 22,50g, Energi 227 kal, Protein 1,97 g, Karbohidrat 73,51 g, Serat 7,5 g.

Mineral : Kalsium (Ca) 32 mg2, Zat Besi (Fe) 1,15 mg3, Magnesium(Mg) 35 mg, Fosfor (P) 40 mg, Potasium 652 mg, Sodium 3 mg, Zinc (Zn) 0,29 mg, Mangan (Mn) 0,29 mg, Copper (Cu) 0,288 mg, Salenium (Se) 1,9 mg.

Vitamin : Thiamin 0,090 mg2, Riboflavin 0,100 mg3, Niacin 2,200 mg4,  Panthotenic 0,780 mg, Vitamin B-6 0,192 mg, Folate 13 mcg8, Vitamin A 50 Iu9, Vitamin A, RE 5 mcg_RE 10, Vitamin E 0,100 mg_ATE.

 

Khasiat Kurma :

      Jika dimakan tanpa membuang kulitnya dapat melancarkan pencernakan dan mencegah peradangan usus.

      Bagi wanita yang sedang menyusui, kandungan Zar Besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kualitas ASI.

      Kurma berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang sedang disusui.

      Dipercaya dapat memberikan tambahan kekuatan bagi ibu yang sedang hamil.

      Jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim, sehingga memudahkan proses.

      persalinan, mengurangi pendarahan saat persalinan dan dapat menguatkan organ rahim.

      Berdampak pada keserdasan anak yang sedang disusui dimana ibunya gemar mengkonsumsi kurma.

      Sangat baik mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, dan pegal.

      Dapat menghaluskan kulit.

      Mengurangi resiko serangan stroke dan darah tinggi.

      Mengurangi penyakit insomnia.

      Zat besi dan hidrat arang yang terkandung didalamnya cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

      Punya andil dalam menghangatkan badan dan meningkatkan kerja otak.

      Sangat baik bagi orang yang ada masalah dalam syaratnya dan bertemperaman tinggi.

      kurma memainkan peran yang baik dalam membersihkan zat-zat beracun yang dihasilkan oleh proses asimilasi bahan makanan dalam tubuh.

      kurma basah termasuk zat pencahar yang dapat membersihkan colon (usus besar)

      dipercaya sangat baik untuk meningkatkan trombosit bagi penderita DBD.

Dengan sekian banyak catatan tentang buah kurma ini, tentuanya akan membuat kita yang gemar menikmatinya akan semakin bersemangat untuk mengkonsumsinya, bagi yang jarang menyantapnya semoga diberi kemudahan untuk lebih sering mencicipi kelezatannya, bagi yang tidak belum suka dengan buah ini mudah-mudahan secara perlahan mulai bisa membuka hatinya untuk buah anugerah yang sangat baik untuk tubuh kita ini, karena dia tidak Cuma halal namun juga thayyib.  

 

Dari berbagai sumber