Kepercayaan Dunia Islam Terhadap Obama Menurut: Jajak Pendapat

0
41 views

Setahun setelah Presiden Barack Obama mencoba sebuah awal baru dengan dunia Islam dalam sebuah pidato dari Kairo, kepercayaan terhadap pemimpin AS itu telah menurun tajam di banyak negara muslim. Ini menurut survei yang dirilis pada hari Kamis. 

Peringkat kepercayaan pada negara-negara sekutu AS seperti Mesir, Turki dan Pakistan berada pada sekitar 17 persen, sedangkan kepercayaan pada Obama di tiga negara itu dulunya adalah 33 persen, 23 persen dan 8 persen. Survei ini oleh Pew Global.

 

islamonline.comTingkat popularitas Obama di setiap negara-negara Muslim jatuh antara tahun 2009 dan 2010 ketika rencana untuk memajukan proses perdamaian di Timur Tengah terhenti dan ia terus melanjutkan perang di dua negara Islam: Afghanistan dan Irak. 

Penurunan paling tajam datang di Turki dan Mesir, di mana kepercayaan Obama turun 10 poin dan 9 poin persentase masing-masing. Keyakinan Obama turun 5 poin atau kurang di negara-negara Muslim lainnya yang disurvei. 

Negara-negara Islam lainnya memandang Amerika Serikat lebih baik. Lima puluh sembilan persen penduduk Indonesia memiliki pandangan yang menguntungkan terhadap Amerika Serikat, begitu juga 52 persen dari Lebanon. Tapi hanya 21 persen di Yordania yang melihat Amerika Serikat dalam bentuknya yang positif. 

Sebagai perbandingan, orang-orang di Mesir dan Yordania lebih memberikan popularitas terhadap Al-Qaeda daripada Amerika Serikat. Tiga puluh empat persen orang di Yordania memiliki pandangan positif terhadap kelompok yang melaksanakan serangan 11 September 2001, dan ada 19 persen di Mesir. 

Enam puluh tujuh persen penduduk Indonesia memiliki keyakinan bahwa Obama melakukan hal yang benar dalam urusan internasional, 43 persen dari Lebanon dan 26 persen dari Yordania. Demikian menurut survei. 

Amerika Serikat dan Obama bernasib lebih baik di antara negara-negara non-Muslim dalam survei 22 negara. Tingkat popularitas US adalah 73 persen di Perancis, 65 persen di Britania, 63 persen di Jerman, 66 persen di Jepang dan India dan 58 persen di Cina, menurut survei Pew. 

Peringkat Obama umumnya lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. 

Survei ini dilakukan pada bulan April dan Mei di 22 negara yang berbeda. Para peneliti menanyai sekitar 700 dan 3.262 orang di setiap negara. Beberapa survei dilakukan dengan telepon, dan ada juga dengan tatap muka. Margin of error ini berkisar antara 2,5 dan 5 poin persentase, kata Pew.

Sumber: islamonline.com