Habis Gelap Terbitlah Terang

0
41 views

mysoo.files.wordpress.comHidup ini selalu dihiasi oleh godaan, gangguan, dan permasalahan yang membuat kita merasa menderita, berkesusahan, mendapat musibah atau bencana. Sakit, kecelakaan, ditinggal orang yang dicintai, kekurangan materi, hubungan yang tidak harmonis, dan lain sebagainya. Dalam keadaan seperti ini, bagi yang mengalaminya dunia seakan gelap sehingga menutup akal pikiran untuk berpikir cermat dan jernih. Yang diharapakan saat itu tentunya adalah seberkas sinar yang bisa mengatasi permasalahan yang sedang dihadapinya.

Selain berusaha seoptimal mungkin mengatasi segala persoalan hidup, sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk berdoa. Sikap yang tepat dalam memahami masalah juga membuatnya menyadari hakikat hidup sebagai ujian bagi manusia.

Alam adalah buku ilmu pengetahuan yang sangat luas. Selain alam raya, Allah juga menciptakan makhluk lain di dunia ini sebagai godaan ataupun sarana ibrah (menarik pelajaran) bagi makhluk lainnya. Ketika menghadapi permasalahan tak jarang kita harus berguru pada alam yang selalu taat menjalankan tugas rabb-Nya.

Maka permasalahannya kemudian adalah mengapa kita tidak bergantung, bernaung dan berlindung kepada Penguasa Alam yang bisa mendatangkan sinar fajar setelah malam kelam. Ya… kenapa kita tidak menanamkan keyakinan bahwa habis gelap pasti akan terbit terang, setiap sakit pasti ada obatnya, setiap kejadian di dunia ini adalah kebijakan Tuhan yang Maha Tahu nilai-nilai kebaikan secara keseluruhan. Karena boleh jadi kita tidak senang kondisi alam yang hujan terus-terusan padahal di belahan bumi lainnya banyak petani menderita karena sawahnya kekeringan dan merasa senang kalau datang hujan; meskipun buat tukang cuci setrika dan ibu rumahtangga hujan berkepanjangan membuatnya megeluh karena pakaian yang dicucinya gak kering-kering.

Apa pun yang terjadi di dunia ini akan terjadi sesuai dengan sistem hukum alam dan kuasa Tuhan. Semua akan terasa indah pada waktunya kalau kita bisa sedikit bijak menyikapinya. Maka ketika berdoa hendaknya kita tidak terburu-buru ingin cepat dikabulkan karena mustahil secara hukum alam Allah mendatangkan fajar di waktu malam, semuanya akan berangsur sesuai dengan waktunya; Boleh jadi jiwa kita dinilai Allah belum siap menerima hasil doa kita; atau dikabulkannya dalam bentuk lain; bisa jadi juga ditangguhkan sampai hari akhir.

OPTIMIS! Itulah key word-nya. Demi Tuhan Penguasa, Pemelihara, Pengendali sinar fajar yang biasa muncul di pagi hari setelah gulitanya gelap malam. Maka sudah sewajarnya kita mentafakuri semua ini sebagaimana Firman-Nya dalam surah al-Falaq. Selamat menempuh hidup dengan semangat baru dan jangan bosan berdoa karena Tuhan sendiri menjanjikan dan memerintahkan manusia untuk berlindung atas semua godaan dan persoalan hidup. Wallahu A’lam.