Dibangun Saat Persinggahan

0
21 views

www.google.co.idPerjalanan hijrah Nabi dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah merupakan perjalanan yang jauh, melelahkan dan menegangkan. Disebut jauh karena jarak tempuh dari Makkah sekitar 400 kilometer lebih, disebut melelahkan karena jalannya bukit-bukit bebatuan dengan kendaraannya berupa unta sementara rute yang dilalui adalah rute yang tidak biasa dilalui orang pada umumnya sehingga lebih jauh lagi dan disebut menegangkan karena Rasulullah saw dalam ancaman penangkapan dan pembunuhan yang dilakukan orang-orang kafir Quraisy.

Meskipun demikian, Rasulullah saw ternyata singgah di suatu kampung yang jaraknya beberapa kilometer sebelum memasuki kota Madinah, nama kampung ini adalah Quba dan sekarang sudah termasuk wilayah Madinah. Mampirnya Rasulullah saw bersama para sahabatnya hanya dalam beberapa hari itu ternyata maksudnya adalah hendak membangun masjid yang kemudian diberi nama dengan masjid Quba.

 

          Hikmah yang kita dapat dari kisah ini adalah:

 

1.    Bagi umat Islam, masjid merupakan sesuatu yang sangat penting sehinga Rasulullah menginsyaratkan kepada kita tentang bangunan pertama yang dibangunnya, yakni masjid.

2.    Nama masjid boleh saja menggunakan nama kampung, daerah atau kota, bahkan nama orang bila memang oranya shaleh dan sebaiknya orang yang shaleh itu sudah meninggal dunia sehingga penilaian terhadap orang itu sudah tidak berubah.