Dakwah Islam di Amerika Pasca 9/11

0
206 views

Walau sudah sekitar 9 tahun berlalu, namun peristiwa 9/11 yang menimpa WTC di Amerika Serikat masih melekat di ingatan kita. Bagaimana tidak, peristiwa tersebut memang sangat menghebohkan dan mengguncang dunia internasional saat itu, terlebih lagi di dunia Islam.

infobuku.nuansaislam.comAl-Qaida, yang notabene berlabel Islam, dianggap oleh pemerintah Amerika –baik dengan bukti atau tidak- sebagai pihak yang bertanggung jawab. Beriringan dengan itu, Islam yang sering diidentikkan dengan teroris lewat headline media internasional pun menjadi cepat populer. Dampaknya, perlakuan buruk terhadap umat Islam dan simbol-simbol Islam semakin hari semakin bertambah di negeri Paman Sam itu.

Siapa nyana, tak lama pasca tragedi WTC justru Islam kian berkembang di negeri Amerika sendiri. Kabarnya, ribuan warga AS telah masuk Islam sejak terjadinya peristiwa tersebut. Bahkan, untuk mengetahui dan memahami ajaran Islam yang sebenarnya, mereka berburu Al-Qur’an dan literatur keislaman lainnya. Walhasil, Al-Qur’an pun menjadi buku paling laris saat itu. Bahkan, situs www.relegioustolerance.org dan situs internet tentang Islam lainnya menjadi kebanjiran pengunjung setiap harinya. Mengapa demikian? Buku karya Imam Feisal Abdul Rauf yang berjudul Seruan Azan dari puing WTC mengupas lugas hal ini.

Buku yang membahas beberapa pertanyaan penting yang muncul sejak peristiwa 9/11 mengenai isu-isu agama, politik, ekonomi, sosiologi, dan psikologi ini didedikasikan sebagai dukungan terhadap usaha untuk meningkatkan hubungan antar komunitas-komunitas keagamaan, sehingga dapat membantu memahami dan mengenali dasar moral yang menyatukan tradisi satu sama lain.

Pengarang yang merupakan imam Masjid Al-Farah New York City ini mencari akar-akar persoalan- dari inti ajaran Islam, nilai-nilai dasar konstitusi Amerika, aspek sosial-politik-ekonomi dari terorisme, hingga kepentingan Amerika dalam mempertahankan hegemoninya di dunia Internasional.

Seperti yang tertulis dalam back cover buku ini, Imam Rauf secara argumentatif menunjukkan :

  • Adanya common platform antara nilai-nilai dasar Islam dan Konstitusi Amerika dalam mempromosikan kebebasan, keadilan, kesetaraan, dan persaudaraan.
  • Ajaran Kristen dan Yahudi –yang merupakan elemen penting dalam menentukan karakter warga dan bangsa Amerika- memiliki akar-akar yang sama dengan Islam sebagai keluarga agama Ibrahim
  • Keislaman dan keamerikaan bukan bersifat substitutif (saling menggantikan), tetapi komplementer (saling melengkapi). Seorang Muslim yang taat bisa menjadi warga Negara Amerika yang loyal. Imam Rauf mengemukakan argument meyakinkan tentang eksistensi identitas Muslim-Amerika.
  • “Terorisme” Islam lebih berakar pada persoalan ketidakadilan sosial, politik, dan ekonomi, daripada persoalan agama.

 

Judul Buku     : Seruan Azan dari puing WTC

Penulis          : Imam Feisal Abdul Rauf

Penerbit        : Mizan

Tahun terbit  : 2007

Volume         : 388 halaman