Bunda of Arabia

0
12 views

Ketika sebagian kita ditanya tentang muslimah di Saudi Arabia, biasanya yang terbayang di benak kita adalah sosok wanita dengan pakaian serba hitam plus cadar di wajahya. Tak ketinggalan pula, bayangan akan banyaknya “dinding pembatas” yang menghalangi “kebebasan” mereka dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Bayang-bayang seperti inilah yang juga dirasakan oleh penulis buku ini sebelum mereka “mau tidak mau” harus tinggal di Saudi Arabia, khususnya Jeddah.

Bunda of Arabia terdiri dari delapan perempuan Indonesia yang datang dari latar belakang yang berbeda, namun disatukan oleh takdir sebagai pendamping suami yang bekerja di Saudi Arabia. Mayoritas dari mereka sebelumnya adalah ibu bekerja atau working mom, tetapi mereka rela meninggalkan karier demi kebahagiaan dan keutuhan keluarga. Mereka juga dipersatukan oleh dua hobi yang sama yaitu menulis dan jalan-jalan, hingga lahirlah buku ini yang merupakan catatan perjalan kehidupan mereka di negeri paman “Syam” (bukan Paman Sam-red) itu.

Setelah membaca buku ini lembar demi lembar, banyak cerita yang  ternyata jauh berbeda dari apa yang kita bayangkan selama ini. Bahkan, boleh jadi membuat mindset kita terhadap negeri Saudi Arabia akan berubah.

Ada beberapa hal menarik yang diceritakan dalam buku ini yang mungkin bisa membuat kita “iri” dengan mereka. Salah satunya adalah kemudahan untuk sesering mungkin datang ke Baitullah, tentu saja bisa leluasa juga untuk dapat mencium hajar aswad (hal yang sering diidam-idamkan oleh jamaah haji atau umroh dari Indonesia). Ini dikarenakan jarak kota Jeddah hanya sekitar 80 kilometer dari Baitullah atau sekitar 45 menit jika ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Hal lainnya yang juga menjadi catatan mereka dalam buku ini adalah bagaimana awalnya mereka beradaptasi dengan busana yang biasa dikenakan di sana, bagaimana mereka harus rela berhadapan dengan aturan yang melarang wanita untuk menyetir kendaraan sendiri padahal di Indonesia mereka biasa keluar rumah dengan membawa mobil sendiri, bagaimana pengalaman mereka sebagai muslimah Indonesia yang terlanjur mendapatkan image sebagai TKW di sana, dan masih banyak lagi cerita lainnya yang membuat kita terhanyut dalam membaca buku ini hingga seakan sayang kalau melewatkan setiap halaman buku ini.

Namun, sayangnya buku ini baru hanya bisa didapat via pemesanan online, belum dijual bebas di toko-toko buku. Jika Anda berminat membaca buku ini, silakan pesan via e-mail ke BundaofArabia@gmail.com.

Judul Buku   : Bunda of Arabia

Penulis         : Jihan Davinca, dkk.

Penerbit       : Indie Publishing

Volume        : 119 hlm.

Cetakan       : ke-2, April 2012

BAGI
Artikel SebelumnyaRajab
Artikel BerikutnyaMembuka Tabir Lebaran Pekanan