Bolehkah Sholat Sambil Melihat Mushaf Alquran?

0
41 views

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ustadz ada beberapa pertanyaan mohon dapat penjelasan yaitu :
1. Apabila kita sedang melaksanakan shalat sunah ( dhuha, tahajud ) sesudah surat alfatihah kita diwajibkan membaca surat yang lain. Apakah boleh membaca surat lain dengan melihat Al Quran supaya tidak salah karena kalau menghafal kadang-kadang lupa

2. Apabila azan sedang dikumandangkan, apakah diperbolehkan saat masuk masjid langsung melaksanakan sholat tahiyatul masjid tanpa menunggu azan selesai

3.Bagi seorang muazin yang terlambat dan sudah masuk waktu, sebaiknya dia melaksanakan shalat tahiyat masjid atau langsung azan.

Demikian pertanyaan kami atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wassalamu alaikum Wr. Wb. – Arifin

 

Jawaban

Wa’alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh
Semoga Allah SWT merahmati kita semua

1.Boleh membaca surat sambil membuka mushaf, dengan syarat tidak banyak gerakan yang dapat membatalkan shalat.

2.Sebaiknya kalau mendengar suara azan kita menjawab azan, sehingga jika harus shalat tahiyyatul masjid maka shalatlah sesudah menjawab azan. Rasulullah bersabda , yang artinya : Jika kalian dengarkan adzan maka ikutilah apa yang dikatakan muadzin…” (HR Bukhori dan Muslim)

3.Bagi muazzin jika sudah masuk waktu hendaknya ia langsung azan dan baru melaksanakan shalat tahiyatul masjid setelah azan. Alasannya karena azan adalah ibadah yang  berdampak luas sedangkan shalat sunnah adalah ibdah yang berdampak pada diri sendiri. Dalam qaidah fiqih di sebutkan “Amal yang berdampak luas lebih utama dari pada amal yang berdampak sempit”(Lihat asbah assuyuti)