Bani Israel Menurut Al-Qur’an dan Sunnah

0
131 views

www.nuansaislam.com/infobukuDan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam Kitab itu:”Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar”. (QS Al-Isra’ [17]: 4).

Ayat di atas merupakan satu dari sekian banyak ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang sifat dan karakter bani Israel. Berdasarkan perhitungan Muhammad Fuad ‘Abdul Baqi di dalam karyanya Al-Mu’jam Al-Mufahras li Al-Fazh Al-Qur’an, kata Yahudi ada sembilan kali disebut dalam Al-Quran dan Israel sebanyak 43 kali. Bila Israel dihubungkan dengan kata Bani (Bani Israel) maka didapati Bani Israel sebanyak 13 kali di dalam Al Qur’an.

Begitu juga halnya dengan hadits Rasulullah. Rasulullah banyak mengisahkan tentang tabiat dan karakter Bani Israel. Banyak juga hadits yang menggambarkan sikap beliau dalam menghadapi tantangan kaum Yahudi Israel yang sering kali menghalangi perkembangan dakwah Islamiyah.

Di tengah banyaknya karya  tentang Bani Israel atau Yahudi dengan bahasannya yang berkisar masalah perpolitikan dan ekonomi, melalui pendekatan Al-Qur’an dan Sunnah inilah Sayid Thantawiy mengkaji tema serupa.

Sayid Thantawiy berusaha mengumpulkan ayat-ayat yang berhubungan dengan Bani Israel dan Yahudi, serta mencantumkan pula hadits-hadits nabi yang berhubungan dengan ayat tersebut.

Sayid Thantawiy dalam bukunya ini mencoba mengupas banyak hal, mulai dari Sejarah bangsa Yahudi sejak hijrahnya mereka ke Mesir (di bawah pimpinan Nabi Ya’qub) hingga penguasaan Yerusalem oleh bangsa Roma pada tahun 70 M. Diuraikan pula dalam bukunya mengenai keadaan bangsa Yahudi yang berkenaan dengan masalah sosial, ekonomi dan agama di Jazirah Arab baru-baru ini.

Selain itu, penulis juga membahas mengenai siasat bangsa Yahudi untuk menghancurkan Islam dan kaum Muslimin, sikap Rasulullah terhadap mereka, serta mengenai perang-perang yang terjadi antara kaum Muslimin dan Yahudi, seperti Qainuqa’, Nadhir, Khaibar, dll.

Sayid Thantawiy juga menggambarkan secara mendetail kehinaan bangsa Yahudi yang terdapat dalam Al-Qur’an, serta balasan dari Allah atas kezhaliman mereka sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an.   

Info selengkapnya mengenai buku ini, silahkan mengunjungi IDLA (Ikhlas Digital Library of Al-Qur’an), Jl. K.H. Fakhruddin no.6 Tanah Abang Jakarta Pusat, telp. 021-3912369.

Judul buku       : بنو إسرائيل في القرآن و السنة

                          Banuu Israa’iil fii Al-Qur’an wa Al-Sunnah

Pengarang       : DR. Muhammad Sayid Al-Thanthawiy

Penerbit           : Daar Al-Syuruuq – Mesir

Tahun              : 2000

Bahasa            : Arab

Volume             : 759 halaman

Dimensi            : 17×24 cm

ISBN                 : 977 – 09 – 0401 – 5

 

 

BAGI
Artikel SebelumnyaFacebook
Artikel BerikutnyaMitra Perjuangan