Bagaimana Menghadapi Sakit & Orang Sakit

0
10 views

Sakit merupakan musibah yang tidak dikehendaki oleh setiap manusia, termasuk bagi kita yang muslim. Meskipun manusia sudah berusaha untuk mencegahnya, seringkali sakit tetap mendatangi kita. Karena itu, keadaan ini harus kita hadapi dengan sebaik-baiknya sebagai suatu ujian yang insya Allah akan memberikan nilai positif bagi kita.

 

infobuku-nuansaislam.comOleh sebab itu, disamping orang yang sakit harus mendapat nilai positif, orang sehat pun harus menjadikan hal ini sebagai ladang amal shaleh, karenanya ada adab yang harus ditunjukkan terhadap orang sakit.

Buku kecil ini memberikan panduan kepada orang yang sakit agar dapat menyikapi keadaan itu sebagai sesuatu yang positif, sedangkan yang sehat dapat menunjukan adab yang baik terhadap orang yang sakit.

 

Dikatakan dalam buku ini bahwa kita harus menghadapi keadaan sakit dengan sikap positif, salah satunya dengan keikhlasan dan kesabaran. Kemudian, sebagai seorang muslim kita juga dianjurkan berdoa kepada Allah Swt dan juga berobat untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang kita derita.

Selanjutnya, disebutkan juga bahwa jika penyakit yang kita derita merupakan suatu wabah yang cepat tertular dan membahayakan orang lain, maka kita tidak boleh keluar dari tempat wabah tersebut untuk pergi ke daerah lain. Kemudian bila penyakit yang kita derita bisa menular dan membahayakan orang lain, maka janganlah kita pergi mengunjungi orang yang sehat.

Paling tidak ada empat hal yang dibahas dalam buku karangan Drs. Ahmad Yani yang diberi judul Panduan Menghadapi Sakit dan Kematian ini, yaitu:

 

         Ujian Sakit dan Keutamaannya

         Sikap Menghadapi Penyakit

         Adab Terhadap Orang Sakit

         Bagaimana Mengurus Jenazah

 

Selain itu, buku yang ditulis dengan bahasa sederhana dan sistematis ini, juga bisa dijadikan modul jika kita ingin mengadakan pelatihan mengurus jenazah. Dengan demikian, buku ini menjadi penting untuk kita baca karena berhubungan dengan persoalan yang terlihat “sepele” dan sering luput dari perhatian kita, namun mendasar dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Judul Buku     : Panduan Menghadapi Sakit dan Kematian

Penulis          : Drs. H. Ahmad Yani

Penerbit        : Khairu Ummah

Volume          : 64 halaman