Bagaimana Memakmurkan Masjid; 135 Kisah Seputar Masjid

0
12 views

info bukuSebagai negeri yang berpenduduk mayoritas muslim, Indonesia memiliki jumlah masjid yang tidak sedikit. Tidak kurang dari 700.000 bangunan masjid dan mushalla tersebar di seluruh wilayah negeri ini (sumber: Lembaga Ta’mir Masjid Indonesia-NU). Mulai dari masjid yang dibangun dengan sederhana, sampai masjid yang memiliki  kemegahan dan kebanggaan tersendiri akan kemewahan bangunannya.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah dengan jumlah masjid yang begitu besar, masyarakat ataupun bahkan pengurus masjid tersebut sudah memahami betul bagaimana peran dan fungsi masjid itu seharusnya.

Rasulullah saw. sendiri memang sangat memberikan perhatian terhadap pembangunan masjid. Pada saat beliau hijrah ke Madinah, bangunan yang pertama kali dibuat adalah masjid. Bahkan, beliau juga ikut bergotong royong guna menyelesaikan pembangunan masjid tersebut  dengan mengangkat batu bata bersama sahabatnya, seperti yang dikisahkan dalam buku berjudul Beginilah Seharusnya Memakmurkan Masjid; 135 Kisah Seputar Masjid ini.

Penulis buku ini, Drs. H. Ahmad Yani, berusaha menyajikan kisah-kisah menarik, mencerahkan, menggugah, dan memotivasi kita tentang kemasjidan yang tercermin dalam kehidupan Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya. Buku ini memuat 135 kisah yang berhubungan dengan masjid.  Sehingga dengan membaca buku ini, diharapkan kita bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari apa yang dicontohkan oleh Rasulullah saw dan para sahabatnya tentang bagaimana seharusnya kita memakmurkan masjid.

Salah satu kisah yang ada dalam buku ini adalah kisah tentang fungsi masjid sebagai madrasah ilmu. Di antara sekian fungsi masjid, salah satunya adalah sebagai madrasah ilmu. Karenanya, pengurus masjid seharusnya memiliki program majlis keilmuan. Begitu juga dengan jamaahnya, sebaiknya mau menuntut ilmu di masjid seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw dan para sahabatnya.

Shafwan bin Al Assal al Muradi ra menceritakan dalam hadits riwayat Ahmad, Thabrani, Hakim dan Ibnu Hibban: “Aku mendatangi Nabi saw sementara beliau sedang berada di masjid, beliau sedang bertelekan atau tidur dengan selimut warna merah, ia berkata: ” Ya Rasulullah aku datang untuk mencari ilmu”.

Beliau menjawab: “Selamat datang penuntut ilmu. Sesungguhnya pencari ilmu itu dikelilingi oleh para malaikat dengan sayapnya, kemudian sebagian dari mereka menaiki sebagian yang lain sehingga mereka sampai di langit dunia karena kecintaan mereka kepada apa yang dicarinya.”

Rasulullah saw sangat suka duduk bersama orang yang menuntut ilmu di masjid. Dalam hadits riwayat Ibnu Majah diceritakan dari Abdullah bin Amru bahwa suatu ketika Rasulullah saw pergi ke masjid, di dalamnya beliau menjumpai dua kelompok orang, ada yang berdoa dan belajar mengajar. Melihat hal itu, beliau menyatakan: “kedua-duanya baik, orang ini membaca Al-Qur’an dan berdoa. Terserah kepada Allah apakah mengabulkan atau tidak. Sedang orang yang itu sedang belajar dan aku tidak lain diutus kecuali untuk menjadi pengajar?.” Selanjutnya beliau duduk bersama kelompok kedua.

Keutamaan lain bila seseorang berjalan untuk menuntut ilmu ke masjid adalah bagaikan orang yang berjihad di jalan Allah swt. Dalam hadits riwayat Malik dijelaskan: “Barang siapa berangkat di waktu pagi atau sore menuju masjid, ia tidak mempunyai niat lain kecuali ke masjid untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, kemudian dia kembali ke rumahnya. Maka dia seperti orang yang berjihad di jalan Allah; pulang dengan mendapatkan ghanimah.”

Masih banyak kisah seputar masjid lainnya yang bisa kita temui dalam buku ini. Penulis juga sekaligus memberikan hikmah dari kisah tersebut yang sangat membantu pembaca untuk memetik pelajaran dengan mudah dan bisa langsung memahami serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Judul buku     : Beginilah Seharusnya Memakmurkan Masjid; 135 Kisah Seputar Masjid

Penulis          : Drs. H. Ahmad Yani

Penerbit        : Lembaga Pengkajian dan pengembangan Dakwah Khairu Ummah

Cetakan ke    : I, Desember 2010

Volume          : 360 halaman